berita Wonosobo

Bupati Afif Imbau Anggota Linmas Ikut Serta Pengamanan Nataru di Wonosobo

Sebanyak 256 Danton Satlinmas yang tersebar di 7 kecamatan ikuti pelatihan.

Penulis: Imah Masitoh | Editor: sujarwo
Ist. Prokompim Setda Wonosobo
Kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas anggota Satlinmas Wonosobo, Selasa (20/12/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, WONOSOBO - Sebanyak 256 Komandan Pleton (Danton) Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) yang tersebar di 7 Kecamatan di Kabupaten Wonosobo mengikuti pelatihan peningkatan kapasitas, Selasa (20/12/2022). 

Pelatihan peningkatan kapasitas kali ini dikemas dalam kegiatan Rakor Danton dan Pembinaan Satlinmas, bertempat di Gedung Sasana Adipura Kencana. 

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Wonosobo, Sumekto Hendro Kustanto mengatakan, para Danton yang dilatih tersebut terdiri dari Linmas desa yang ada di Kecamatan Garung, Mojotengah, Wonosobo, Selomerto, Leksono, Kalikajar, dan Kertek. 

Pelatihan dan pembinaan tersebut juga untuk meningkatkan kemampuan anggota dalam melaksanakan tugas membantu penanggulangan bencana, keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat. 

Kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas anggota Satlinmas Wonosobo, Selasa (20/12/2022).
Kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas anggota Satlinmas Wonosobo, Selasa (20/12/2022). (Ist. Prokompim Setda Wonosobo)

"Dari ini diharapkan Linmas akan semakin cakap, dan semakin mantap, dengan bekal kemampuan yang dimiliki sehingga akan lebih tajam lagi peran sertanya ditengah-tengah masyarakat," tuturnya. 

Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat menyampaikan apresiasi pada kegiatan tersebut atas peran serta Linmas terhadap pemerintah dan masyarakat selama ini.

"Saya sangat bangga setiap saya ada kegiatan di desa-desa, kegiatan apapun itu, baik kegiatan pemerintah desa, pengajian, baik pagi siang atau malam Linmas selalu hadir, Linmas selalu ada, saya senang dan terimakasih," ucapnya. 

Kegiatan pelatihan dan pembinaan ini harus terus berlanjut karena menjadi sangat penting sebagai teknik dasar yang harus diketahui dan dimiliki oleh anggota Satlinmas. 

Kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas anggota Satlinmas Wonosobo, Selasa (20/12/2022).
Kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas anggota Satlinmas Wonosobo, Selasa (20/12/2022). (Ist. Prokompim Setda Wonosobo)

"Kegiatan pembekalan ini sangat perlu dilakukan, teknik dasar itu sangat penting diketahui dan dimiliki anggota Linmas, agar tahu bagaimana tata cara melaksanakan tugas, dan agar tahu bagaimana cara penyelesaiannya jika ada masalah," tambahnya. 

Bupati Afif menginginkan anggota Satlinmas mampu menanamkan jiwa korsa dan membangun loyalitas korps dalam satu komando.

Anggota Satlinmas harus turut memberikan peran sertanya dan mendukung kelancaran pengamanan jelang dan saat Nataru. 

"Saya mohon seluruh Danton untuk menyiapkan seluruh anggotanya menghadapi Nataru. Kalau di situ ada tempat peribadatan untuk kegiatan natalan saya minta Linmas ikut ambil peran, agar warga beribadah di Gereja dengan kedamaian," imbaunya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved