Berita Yogyakarta

Gusti Bendara Minta Pelaku Wisata Nusantara Manfaatkan Gelaran Travex ATF 2023 untuk Ajang Promosi

Yogya bersiap gelar ASEAN Tourism Forum yang akan dihelat pada 2-5 Februari 2023.

Penulis: yayan isro roziki | Editor: sujarwo
Istimewa
GKR Bendara (tengah) dan Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji (kana) berbicara di program Regol (Rerasan Golek Solusi). Gusti Bendara meminta seluruh pelaku wisata di Nusantara manfaatkan ajanga Travex ATF 2023 untuk ajang promosi destinasi wisata unggulan masing-masing. 

TRIBUNJATENG.COM, YOGYAKARTA  - Ketua Pelaksana ASEAN Tourism Forum 2023 sekaligus Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah DIY, Gusti Kanjeng Ratu Bendara, menyerukan kepada seluruh pelaku industri pariwisata untuk memanfaatkan semaksimal mungkin ajang Travel Exchange (Travex) di ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 yang akan dihelat pada awal Februari nanti, untuk mempromosikan destinasi pariwisata Yogyakarta.

Diketahui, Yogyakarta bersiap menggelar perhelatan akbar ASEAN Tourism Forum (ATF) yang akan dihelat pada tanggal 2-5 Februari tahun 2023.

Setelah sukses menjadi tuan rumah ASEAN Tourism Forum (ATF) pada tahun 2002 di Yogyakarta dan 2012 di Manado, Pemerintah Kota Yogyakarta akan kembali dengan bangga menyambut semua delegasi di Forum Pariwisata tahunan terbesar ASEAN 2023.

Ketua Pelaksana ASEAN Tourism Forum 2023 dan Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah DIY, Gusti Kanjeng Ratu Bendara menyampaikan, ajang Travex di ATF 2023 adalah sebuah kesempatan baik dan strategis yang mesti dimanfaatkan oleh para pelaku industry pariwisata.

“Saya menyerukan dan mengajak seluruh pelaku industri pariwisata agar memanfaatkan ajang Travex di ATF 2023 untuk segiat mungkin mempromosikan destinasi wisata Yogyakarta dan berbagai destinasi lainnya di Nusantara.”

“Para pemilik tour operator dan tour agent, jangan sampai ketinggalan kesempatan emas ini. Pemda DIY sangat mendukung kalian untuk turut serta,” kata Gusti Bendara dalam keterangannya, Selasa (20/12/2022).

Lebih jauh Gusti Bendara yang berbicara disela-sela program acara diskusi dan hiburan, Regol (Rerasan Golek Solusi) melalui akun Youtube Paniradya Kaistimewaan, Kepatihan, Yogyakarta, Jumat malam lalu, menjelaskan bahwa Travel Exchange (Travex) merupakan ajang pertemuan antara international buyers dari 33 negara dan para peserta pameran atau exhibitor (sellers) dari negara-negara ASEAN.

Sehinggga, kata dia, momen ini begitu istimewa dan penting untuk dimanfaatkan bagi pelaku industri pariwisata Yogyakarta dan Nusantara untuk berpromosi, memperkenalkan dan menawarkan destinasi-destinasi terbaiknya.

Salah satu agenda utama dalam ATF 2023 adalah TRAVEX, trade-only mart yang menampilkan kontingen produk dan layanan tujuan wisata dan perjalanan ASEAN terbesar di dunia, serta memfasilitasi penjualan, pembelian, dan promosi kawasan secara internasional.

Pemerintah Yogyakarta berharap agar pihak industri pariwisata dan Pemerintah Daerah seluruh indonesia dapat memanfaatkan pertemuan strategis ini dan dapat berpartisipasi di pertemuan B2C dan B2B.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta, Kadarmanta Baskara Aji di kesempatan diskusi acara Regol kembali menyampaikan pesan kesiapan Yogyakarta menjadi Tuan Rumah dan penyelenggara ASEAN Tourism Forum 2023 pada 2-5 Februari 2023 mendatang.

“Jogja itu memang siap, mulai dari keramahan masyarakatnya, pelayanan yang baik, dan destinasi wisatanya, begitu juga kesiapan infrastruktur hingga memberikan edukasi dan awareness kepada masyarakat Yogyakarta tentang ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 ini” kata Baskara Aji lebih lanjut.

Perhelatan akbar ATF 2023 diharapkan menjadi tonggak kebangkitan pariwisata pasca pandemi. ASEAN Tourism Forum ATF) 2023 akan menandai ketiga kalinya Indonesia menjadi Negara Tuan Rumah Penyelenggara setelah menunjukkan kisah suksesnya di Yogyakarta, 2012 di Manado dan kini 2023 kembali ke Yogyakarta. ATF 2023 akan digelar di Jogja Expo Center (JEC), salah satu venue MICE terkemuka.

Berbagai persiapan saat ini dilakukan untuk memastikan penyelenggaraan terbaik event ini pada waktunya nanti, termasuk memaksimalkan progres kesiapan infrastruktur venue utama di Jogja Expo Center yang dianggap sebagai salah satu kunci kesuksesan penyelenggaraan ATF 2023. (*)

Sumber: Tribun Jateng
BERITATERKAIT
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved