Berita Demak

5 Sekolah di Demak Menerima Penghargaan Sekolah Adiwiyata Provinsi Jateng

Sebanyak 5 sekolah di Kabupaten Demak meraih penghargaan sebagai sekolah Adiwiyata.

Penulis: Tito Isna Utama | Editor: sujarwo
Istimewa
Penyerahan penghargaan kepada 5 Sekolah di Kabupaten Demak yang dilaksanakan beberapa waktu lalu di SMKN 1 Adiwerna Kabupaten Tegal. 

TRIBUNJATENG.COM, DEMAK – Sebanyak 5 sekolah di Kabupaten Demak meraih penghargaan sebagai sekolah Adiwiyata Provinsi Jawa Tengah Tahun 2022.

Kelima sekolah diantaranya SDN Bintoro 1, SDN Jatimulyo, SMPN 3 Demak, SMPN 4 Demak, dan SMPN 1 Wonosalam. 

Demikian disampaikan, Kabid Pengelolaan Sampah, Limbah B3 dan Peningkatan Kapasitas DLH Kabupaten Demak, Kusdarmawan, Senin (26/12/2022).

Kusdarmawan mengatakan bahwa penghargaan itu, diterima beberapa waktu lalu yang bertempat di SMKN 1 Adiwerna Kabupaten Tegal.

Menurutnya, pencapaian Adiwiyata ini bukan lomba, yang di tonjolkan ataupun kondisi fisik sekolah dengan bangunan yang megah dan taman yang indah, namun lebih kepada upaya mewujudkan pendidikan karakter.

“Bagaimana upaya sekolah untuk membentuk karakter anak didik yang berwawasan lingkungan, berperilaku ramah lingkungan dan pencapaian kelestarian lingkungan,” kata Kusdarmawan.

Ia menambahkan sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) perlunya dikenalkan identifikasi potensi Masalah Lingkungan Hidup di daerah. 

"Sehingga anak didik mengenal isu-isu lingkungan," jelasnya.

Untuk kedepan harapanya pihak sekolah dapat mengetahui cara menyelesaikan permasalahan lingkungan di sekolah.

Selain itu, diharapkan sekolah penerima penghargaan juga dapat mempersiapkan diri untuk maju ke tingkat selanjutnya. (*)

 

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved