Berita Semarang

Video Banjir Semarang, KAI Daop 4 Sediakan Bus Fasilitasi Penumpang Kereta Tujuan Jakarta

PT KAI Daop 4 Semarang menyediakan bus Semarang Jakarta di Stasiun Tawang.

Berikut Video Banjir Semarang, KAI Daop 4 Sediakan Bus Fasilitasi Penumpang Kereta Tujuan Jakarta

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - PT Kereta Api Indonesia Daop 4 Semarang sediakan bus Semarang Jakarta di Stasiun Tawang.

Ada 10 bus yang disediakan untuk mengakomodir penumpang yang gagal berangkat menuju Jakarta akibat adanya pengalihan jalur kereta api.

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Ixfan Hendri Wintoko mengatakan bus itu disediakan dengan tujuan untuk mengakomodir penumpang tujuan Jakarta akibat adanya pengalihan jalur kereta. Penumpang kereta khususnya kereta Brantas bisa naik bus yang telah disediakan 

"Karena kereta api Brantas tidak lewat Semarang Tawang dan Poncol. Karena kereta api Brantas, Brantas tambahan yang harus dari stasiun Blitar menuju Pasar Senen melewati Tawang, Poncol dialihkan menuju jalur selatan," jelasnya, Minggu (1/1/2023).

Menurutnya, tidak hanya penumpang kereta Brantas yang diakomodir menggunakan bus. Pihaknya juga mengakomodir penumpang kereta lainnya jurusan Jakarta menggunakan Bus.

"Jadi kereta yang tidak lewat Semarang Tawang maupun Poncol diakomodir naik bus. Syaratnya tidak refund tiket. Kalau tiket masih ada silahkan naik bus," tutur dia.

Ia menuturkan bagi penumpang yang tidak naik bus bisa meminta pengembalian tiket. Namun penumpang yang telah dikembalikan tiketnya tidak dapat diakomodir menggunakan bus.

"Yang diakomodir menggunakan bus validasinya saat berada di bus. Tinggal tunjukkan tiket kereta api saja," tandasnya.

Kadaop 4 Semarang, Wisnu Pramudiyo menambahkan ada 10 kereta api arah Jakarta maupun Surabaya yang dialihkan menuju jalur Selatan. Kereta tersebut tidak melewati Semarang akibat rel terendam banjir.

" Ada 4 kereta api yang juga dibatalkan pemberangkatannya," imbuhnya.

Terkait penumpang yang membatalkan tiket, kata dia, hingga saat belum dapat dihitung. Namun demikian pihaknya telah membuka loket tiket untuk pembatalan tiket kereta api.

"Saat ini pembatalan bisa dilakukan di stasiun," kata dia.

Menurutnya, stasiun yang tergenang banjir di wilayah Daop 4 hanya di stasiun Semarang Tawang. Rel kereta saat telah bisa dilewati.

"Kalau jalur yang tergenang di stasiun Alas Tua.  Ketinggian air antara 15 hingga 20 sentimeter," kata dia.

Sementara penumpang kereta api Brantas, Davia mengaku memilih menggunakan bus yang disediakan PT KAI dibandingkan harus membatalkan tiket. Dirinya harus mengejar keberangkatannya agar segera sampai Jakarta.

"Besok saya sudah harus kerja. Saya sebenarnya sedikit kecewa tapi karena alam mau bagaimana lagi yang penting bisa pulang," imbuhnya.

Awalnya ia bingung jika KAI tidak menyediakan alternatif transportasi. Dirinya KAI bisa mengakomodir penumpang menggukan bus.

"Mau naik bus tapi pesan tiket tidak bisa dadakan. Ya bersyukur KAI menyediakN bus," tandasnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved