UIN Walisongo Semarang

Lepas Mahasiswa KKN MIT Ke-15, Rektor Beri Pesan Untuk Jadi Problem Solver Masyarakat

UIN Walisongo Semarang melaksakakan Upacara Pelepasan KKN Mandiri Inisiatif Terprogram (MIT) 15 pada Selasa (10/1/2023)

Penulis: Abduh Imanulhaq | Editor: galih permadi
IST
Rektor UIN Walisongo Prof.Dr.Imam Taufiq, M.Ag secara simbolis menyematkan topi ke salah peserta KKN 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - UIN Walisongo Semarang melaksakakan Upacara Pelepasan KKN Mandiri Inisiatif Terprogram (MIT) 15 pada Selasa (10/1/2023) di Gedung Gedung Kyai Soleh Darat.

Acara ini diikuti oleh 404 mahasiswa. Upacara dipimpin oleh Rektor UIN Walisongo Prof.Dr.Imam Taufiq, M.Ag.

Tema yang diusung dalam KKN MIT ke 15 adalah “Penguatan Sumber Daya Masyarakat , Kembali Pulih Cepat dan Bangkit Lebih Kuat” .

Dengan Program Utama dari KKN adalah Pemberdayaan dan Pendampingan Masyarakat di Bidang Pendidikan, Keagamaan, Kesehatan, Ekonomi Kreatif, Kesetaraan Gender, Moderasi Beragama dan Lingkungan.

Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Dr.Akhmad Arif Junaidi,M.Ag. menyampaikan, “Pelaksanaan KKN MIT 15 UIN Walisongo diselenggarakan selama 45 hari mulai tanggal 10 Januari 2023 sampai 23 Pebruari 2023.

Sebanyak 404 mahasiswa dari berbagai program studi yang dibagi menjadi 27 kelompok dan dibimbing oleh 14 Dosen Pembimbing Lapangan yang akan tersebar di 2 kecamatan yaitu Kecamatan Banyumanik Kota Semarang dan Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal,” ujarnya.

Rektor UIN Walisongo menyampaikan, “ Mahasiswa KKN menjalankan tugas suci misi mulia UIN Walisongo ditengah masyarakat. Misi KKN yaitu melaksakan pengabdian yang bermanfaat bagi masyarakat.

Tugas yag dikembangkan kepada UIN Walisogo adalah memberikan kontribusi yang terbaik untuk masyarakat. Hal ini merupakan bagian dari Tridharma UIN Walisongo,” ujarnya.

“Mahasiswa Hadir dimasyarakat sebagai wakil dari kampus, mewakili lembaga untuk memberikan yang terbaik untuk masyarakat. Menjadi Problem Solver dan aktor yang menyelesaikan masalah yang ada ditengah masyarakat.

Setiap masyarakat memiliki karakter berbeda dan heterogen, maka ketika di masyarakat marilah kita mengikuti jejak Para Rasul yang diutus dibumi sesuai dengan bahasa, dinamika, karakter masyarakat agar kita bisa menjelaskan kepada mereka dan memahami dengan konteksnya”.

KKN MIT ke-15 diikuti oleh 404 Mahasiswa yang berasal dari 8 Fakultas, 34 Mahasiswa dari Fakultas Dakwah dan Komunikasi, 43 Mahasiswa dari Fakultas Syariah dan Hukum, 32 Mahasiswa dari Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 48 Mahasiswa dari Fakultas Ushuludin dan Humaniora, 26 Mahasiswa dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, 192 Mahasiswa dari Fakultas Sains dan Teknologi, 14 Mahasiswa dari Fakultas Psikologi dan Kesehatan dan sebanyak 15 Mahasiswa dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.(*) 

  • Tribun Shopping

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved