USM

1.447 Mahasiswa USM Ikuti KKN 

USM secara resmi melepas mahasiswanya sejumlah 1.447 untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) XXI

Penulis: Abduh Imanulhaq | Editor: galih permadi
IST
Rektor USM Dr Supari (kemeja putih) saat acara pelepasan mahasiswa USM untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Universitas Semarang (USM) secara resmi melepas mahasiswanya sejumlah 1.447, untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) XXI Semester Gasal 2022/2023, yang tersebar pada 7 kecamatan dan 81 Kelurahan di Semarang, yang didampingi dan dibimbing oleh 7 supervisi dan 42 Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), pada Rabu, (18/1/2023), di Auditorium Ir. Widjatmoko USM.

Rektor USM Dr Supari (kemeja putih) saat acara pelepasan mahasiswa USM untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata
Rektor USM Dr Supari (kemeja putih) saat acara pelepasan mahasiswa USM untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (IST)

Dalam sambutannya, Rektor USM Dr Supari ST MT mengatakan, Selama 30 hari mahasiswa peserta KKN PPM itu akan menjadi duta kampus USM

"Selama 30 hari dimulai pada 18 Januari sampai 16 Februari 2023 mahasiswa peserta KKN PPM itu akan menjadi duta kampus USM, saya kira pembekalan sudah diberikan selama ini baik teorinya maupun praktek-praktek keterampilan untuk menghadapi masyarakat, sehingga para mahasiswa KKN PPM harus menjaga citra kampus USM," ucapnya.

“Sebagai duta kampus ketika menemukan suatu masalah jangan diselesaikan secara individu tetapi bisa disampaikan kepada dosen pembimbing lapangannya untuk disampaikan ke pihak kampus, untuk diselesaikan secara bersama-sama baik dalam waktu yang singkat maupun lama," lanjutnya.

Dr Supari menambahkan, yang namanya duta kampus pastinya tidak terlepas dari kampus, jadi dimanapun kalian berada harus menjaga nama baik USM.

KKN ini merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengimplementasikan ilmunya selama kuliah di USM.

Kemudian dalam kesempatan yang sama, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) USM Prof Dr Ir Mudjiastuti Handajani MT, menerangkan, bahwa sebelum acara pelepasan ini sudah dilakukan berbagai pembekalan kepada mahasiswa peserta KKN PPM. 

"Sebelum acara ini sudah dilakukan pembekalan baik supervisi dan DPL kemudian pembekalan mahasiswa diberikan oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Semarang dan camat dari 7 kecamatan serta ada general test bagi mahasiswa KKN kemudian sudah dilakukan survei dan penyusunan progam kerja," terangnya.

Prof Mudjiastuti menambahkan, bahwa setelah pelepasan ini diteruskan dengan pelaksanaan upacara serah terima mahasiswa KKN PPM dari pihak USM kepada bapak/ibu camat maupun ibu lurah di kecamatan masing-masing.

Kemudian rangkaian kegiatan ini akan dilakukan juga monitoring dan evaluasi setiap pekan dari LPPM kepada mahasiswa peserta KKN maupun DPL, Kemudian diakhir KKN akan diadakan kegiatan bazar dan kunjungan rektor yang dilaksanakan pada tanggal 13,14, dan 15 Februari 2023 sedangkan penarikan KKN akan dilakukan pada 16 Februari 2023.

Selanjutnya Ketua LPPM USM berharap, mahasiswa dapat menjaga marwah Universitas Semarang sebagai insan intelektual, berakhlak yang baik, berinteraksi dengan masyarakat yang komunikatif dan inspiratif.

"Kepada mahasiswa KKN PPM kami berharap mahasiswa dapat menjaga marwah Universitas Semarang sebagai insan intelektual, berakhlak yang baik, berinteraksi dengan masyarakat yang komunikatif dan inspiratif termasuk menjaga kedisplinan dan ketertiban masyarakat," harapnya.(*) 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved