USM

Dosen FE USM Lakukan Pelatihan Pembuatan dan Penentuan Harga Jual Tempe Mendoan di Kelurahan Meteseh

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Fakultas Ekonomi USM telah mengadakan pelatihan Pembuatan Dan Penentuan Harga Jual Tempe Mendoan Banyumas

Penulis: Abduh Imanulhaq | Editor: galih permadi
IST
Foto bersama usai kegiatan 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Semarang (USM) yang diketuai oleh Surjawati SE. MM, Akt, dengan anggota Amerti Irvin Widowati SE. MSi dan Nirsetyo Wahdi SE.MM, Akt, telah mengadakan pelatihan Pembuatan Dan Penentuan Harga Jual Tempe Mendoan Banyumas Untuk Meningkatkan Penghasilan Keluarga Pada Kelompok Dasa Wisma Di Kelurahan Meteseh Semarang baru-baru ini.

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) Fakultas Ekonomi USM
Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) Fakultas Ekonomi USM (IST)

Pelatihan ini dilakukan sesuai dengan kebutuhan ibu- ibu kelompok dasa wisma di obyek PKM dalam rangka memanfaatkan waktu luang setelah pekerjaan rumahtangga selesai dikerjakan.

Kegiatan ini dilakukan dengan dua tahap, pertama adalah pelatihan pembuatan tempe mendoan, dan yang kedua adalah pelatihan penghitungan harga jual tempe mendoan.

Karena proses pembuatan tempe mendoan bisa membutuhkan waktu sampai dengan 2 hari samapi kedelai siap untuk dibungkus, maka proses pembuatan sebagian ditunjukkan dalam bentuk video. 

Tempe mendoan Banyumas dipilih untuk dijadikan materi dalam pelatihan ini, karena pangsa pasar yang masih cukup banyak di wilayah mitra, sehingga apabila ibu-ibu berkeinginan untuk menjualnya, prospek masih sangat baik.

Kegiatan ini juga dilakukan dalam rangka lebih mempopulerkan cara pembuatan tempe mendoan Banyumas di luar wilayah asalnya. 

Ibu-ibu di kelompok dasawisma Aster dan Krisan antusis mengikuti kegiatan ini, Nampak dalam foto, ibu-ibu yang hadir mengikuti pelatihan dengan seksama dan berlatih membungkus kedelai.

Kedelai yang dibungkus dibawa pulang oleh ibu-ibu, dua hari kemudian mereka mengecek apakah sudah menjadi mendoan.(*) 

  • Tribun Shopping

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR
    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved