Harga Emas Terbang Tinggi, Sentuh Level Tertinggi 9 Bulan Terakhir

Harga emas menguat pada Selasa karena nilai tukar dollar AS melemah, membuat emas batangan yang dihargakan dalam dollar lebih terjangkau

Editor: Vito
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi - emas batangan 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Harga emas kembali menyentuh level tertinggi dalam 9 bulan terakhir. Pada Selasa (24/1) pukul 12.45 WIB, harga emas spot berada di level 1.935,16 dollar AS per ons troi.

Harga emas naik 0,21 persen dari posisi pada Senin di level 1.931,04 dollar AS per ons troi. Harga emas spot pun terbang tinggi mencapai level tertinggi sejak 22 April 2022.

Sejalan, harga emas kontrak April 2023 di Commodity Exchange pun siang kemarin menguat 0,38 persen ke level 1.952,90 dollar AS per ons troi. Harga emas berjangka pun mencapai level tertinggi sejak akhir April 2022.

Harga emas menguat pada Selasa karena nilai tukar dollar AS melemah. Indeks dollar yang mencerminkan kurs dollar AS terhadap mata uang utama dunia melemah ke 101,90 dari posisi kemarin 102,14.

Greenback yang lebih lemah membuat emas batangan yang dihargakan dalam dollar lebih terjangkau bagi banyak pembeli. Sementara investor menunggu data ekonomi AS di tengah harapan kenaikan suku bunga yang lebih lambat oleh Federal Reserve.

Investor sekarang fokus pada perkiraan pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) kuartal keempat AS yang akan dirilis pada hari Kamis.

"Setiap tanda-tanda ekonomi AS yang lebih lemah akan dianggap sebagai alasan bagi Fed untuk tidak terlalu agresif mengetatkan (suku bunga-Red), dan itu dapat mendukung emas," kata Matt Simpson, analis pasar senior di City Index, kepada Reuters.

Para trader sebagian besar memperkirakan kenaikan suku bunga 25 basis points (bps) oleh The Fed pada rapat FOMC 31 Januari-1 Februari.

Kenaikan suku bunga itu lebih mini ketimbang kenaikan 50 bps pada Desember lalu, dan empat kenaikan 75 bps berturut-turut sebelumnya.

Suku bunga yang lebih rendah cenderung menyokong emas batangan, karena mengurangi biaya peluang untuk memegang aset yang tidak menghasilkan.

Di sisi pasar fisik, India diperkirakan akan memangkas bea impor emas. Kebijakan terbaru itu dapat mengangkat penjualan ritel dengan membuat logam lebih murah menjelang musim permintaan puncak konsumen emas batangan terbesar kedua di dunia.

Menguntit harga emas dunia, harga emas batangan PT Aneka Tambang Tbk (Antam) terus berada di posisi tinggi.

Di Kota Semarang, harga emas Antam pada Selasa (24/1) berada di level Rp 1,046 juta/gram. Meski demikian, angka itu tercatat sedikit mengalami penurunan dari posisi Jumat (20/1) lalu, di angka Rp 1,048 juta/gram.

Harga pada Jumat lalu itu tercatat mengalami lonjakan Rp 10.000 dari hari sebelumnya, Kamis (19/1), di level Rp 1,038 juta/gram. Harga itupun sudah lebih ringgi Rp 7.000 dari posisi Rabu (18/1), sebesar Rp 1,031 juta/gram.  (Kontan.co.id/Wahyu Tri Rahmawati/Tribun Jateng/Idayatul Rohmah)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved