Prakiraan Cuaca

BMKG Imbau Waspada Cuaca Ekstrem Jateng hingga 31 Januari 2023

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan cuaca ekstrem Jateng bakal terjadi dalam tiga hari kedepan

Penulis: Agus Salim Irsyadullah | Editor: m nur huda
Tribun Jateng/Iwan Arifianto
Kapal nelayan dibiarkan tersandar di tepi laut di Tambakrejo Semarang imbas cuaca ekstrem - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan cuaca ekstrem Jateng bakal terjadi selama tiga hari ke depan. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan cuaca ekstrem Jateng bakal terjadi selama tiga hari ke depan.

Berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer BMKG, terdapat fenomena MJO (Maden Jullian Oscillation) yang mulai aktif di wilayah Indonesia dan masih cukup aktifnya monsun Asia. 

"Kelembaban udara yang relatif cukup tinggi dan labilitas lokal yang cukup labil berkontribusi meningkatkan pertumbuhan awan hujan dan potensi cuaca signifikan di sebagian wilayah Indonesia, khususnya Jawa Tengah," kata Kepala Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang, Sutikno pada Sabtu (28/1/2023).  

Selain itu, terdapat pula belokan dan perlambatan angin di wilayah Jawa Tengah

"Potensi curah hujan dengan intensitas sedang - lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang," lanjut Sutikno menyebut periode 29 - 31 Januari 2023.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem pada periode tiga hari ke depan.

Sebagai antisipasi, masyarakat juga diimbau mengakses informasi prakiraan yang diberikan BMKG setiap harinya.

"Berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, hujan es, tanah longsor, angin kencang, dan puting beliung, terutama untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana hidrometeorologi," tuturnya.

Berikut daerah di Jawa Tengah yang diprakirakan akan dilanda cuaca ekstrem: 

Minggu, 29 Januari 2023

Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Kebumen, Purworejo, Wonosobo, Boyolali, Klaten, Sukoharjo, Wonogiri, Karanganyar, Sragen, Kab.Semarang, Temanggung, Kab/Kota Magelang, Surakarta, Salatiga, Grobogan, Blora, Kab/Kota Pekalongan, Pati, Kab.Brebes, Kab,Tegal, dan sekitarnya.

Senin, 30 Januari 2023

Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Kebumen, Purworejo, Wonosobo, Boyolali, Klaten, Sukoharjo, , Karanganyar, Sragen, Temanggung, Kab/Kota Magelang , Kab. Semarang, Salatiga, Grobogan, Blora, Surakarta, Brebes, Kab.Tegal, Pekalongan dan sekitarnya.

Selasa, 31 Januari 2023

Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo,Boyolali, Sragen, Kab.Semarang, Temanggung, Kab/Kota Magelang, Salatiga, Grobogan, Blora, Jepara, Pati, Rembang, Brebes, Kota/Kab. Tegal, Pekalongan, Pemalang, Demak, Karanganyar, Sragen dan sekitarnya.(*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved