Berita Demak

Surat Penolakan Hasil Konfercab GP Ansor Demak Diserahkan ke Pimpinan Pusat, Berikut Isi Suratnya

Surat penolakan ditandatangani sekira 160 pimpinan ranting dan 7 suara PAC tersebut ditujukan kepada Ketua Umum PP GP Ansor, H Yaqut Cholil Qoumas.

Penulis: Tito Isna Utama | Editor: deni setiawan
FPAC PR GP ANSOR KABUPATEN DEMAK
Penyerahan surat penolakan hasil Konfercab GP Ansor Kabupaten Demak kepada perwakilan pimpinan pusat di Jakarta, Jumat (3/3/2023). 

TRIBUNJATENG.COM, DEMAK - Forum Pimpinan Anak Cabang dan Pimpinan Ranting (FPAC PR) GP Ansor se Kabupaten Demak telah menyerahkan surat berisi penolakan hasil Konferensi Cabang (Konfercab) di Desa Bulusari, Kecamatan Sayung pada 27 Februari 2023 ke pimpinan pusat.

Surat penolakan ditandatangani sekira 160 pimpinan ranting dan 7 suara PAC tersebut ditujukan kepada Ketua Umum PP GP Ansor, H Yaqut Cholil Qoumas.

Surat telah diterima oleh tim Sekretariat PP GP Ansor di Jakarta pada Kamis (2/3/2023), yang diwakilkan melalui Ibnu Mubarok.

Koordinator FPAC PR GP Ansor Kabupaten Demak, Choirul Huda mengatakan, langkah mengirimkan surat penolakan tersebut sebagai upaya menyampaikan suara dari kader GP Ansor paling rendah yakni ranting mengenai proses Konfercab yang cenderung cacat prosedur.

Baca juga: Ternak Sudah Divaksin Wajib Dipasang Anting, Ini Alasan Dinpertan Demak

Baca juga: Kabupaten Layak Anak Jadi Antisipasi Kekerasan Anak di Kabupaten Demak, Ini Harapan Bupati Demak

“Kami masih berikhtiar untuk menyuarakan jeritan hati kader di bawah terhadap proses Konfercab GP Ansor Demak yang tidak berjalan sebagaimana mekanisme yang disepakati maupun aturan organisasi,” katanya kepada Tribunjateng.com, Jumat (3/3/2023).

Menurutnya, dipilihnya langkah pengiriman surat penolakan ke pusat tersebut sebagai sesuatu yang terhormat melalui jalur organisasi.

“Kami sangat berharap adanya respon cepat dan bijaksana dari Pimpinan Pusat mengenai kasus ini."

"Kami masih terus berharap adanya Konfercab ulang yang dilaksanakan secara fair, terbuka, dan jauh dari kesan kedzoliman,” katanya.

Adapun, isi penolakan yang disampaikan ke PP GP Ansor tersebut di antaranya bahwa proses Konfercab di Bulusari Sayung cacat prosedur.

Hal itu karena tidak melalui mekanisme sebagaimana diatur dalam Peraturan Dasar dan Peraturan Rumah Tangga (PD/PRT) GP Ansor.

Semisal surat undangan dan formulir surat rekomendasi yang dikirim oleh panitia ke PAC dan ranting banyak yang ditahan serta ada yang diberikan menjelang batas akhir penyerahan ke panitia.

Baca juga: Bupati Demak Serahkan Santunan Kematian Dari BPJS Ketenagakerjaan Pada Warga

Baca juga: Wao Keren, Rutan Demak Terima Sertifikasi Laik Hygiene Sanitasi, Riski: Kesehatan Napi Terjamin

Kemudian, adanya 11 ranting di PAC Guntur telah dilakukan pelantikan, tetapi tidak diterbitkan Surat Keputusan (SK) asli dari Pimpinan Cabang.

Sehingga, hal itu membuat kehilangan hak sebagai peserta konferensi maupun hak suara melalui surat rekomendasi.

Selain itu, terdapat sejumlah ranting di PAC Dempet merasa tidak tanda tangan surat rekomendasi, ternyata saat rekapitulasi muncul 16 surat untuk dukungan pada kandidat Lathifa Fahri.

Selanjutnya, belum adanya mufakat antara dua kandidat ataupun mekanisme voting, namun oleh pimpinan sidang telah ditetapkan salah satu kandidat sebagai ketua terpilih secara aklamasi.

Di waktu bersamaan, masih banyak pimpinan ranting yang mendapat undangan dari panitia tidak boleh masuk arena dan tertahan di pintu gerbang saat proses sidang.

“Padahal sehari sebelumnya saat proses rekap surat rekomendasi, pimpinan sidang menyampaikan bahwa nantinya kalau musyawarah mufakat tetap tidak tercapai, akan ditempuh melalui voting."

"Tapi dua mekanisme itu dilanggar semua,” katanya. (*)

Baca juga: Tembok Dapur Retak, Longsoran Material Talud Nyaris Hancurkan Rumah Suwarno Warga Ganten Karanganyar

Baca juga: Edy Minta Warga Jepara Bersabar, Perbaikan Jalan Rusak Tunggu Cuaca Membaik, Percuma Kalau Sekarang

Baca juga: Harusnya Tahun Ini Ada 55.238 Wajib Pajak Lapor SPT Tahunan, Yakin KPP Pratama Kudus Capai Target?

Baca juga: PKS Belum Serahkan Surat Usulan PAW Pimpinan DPRD Karanganyar, Bagus Selo: Tolong Segeralah

Sumber: Tribun Jateng
BERITATERKAIT
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved