Liga 1

Rian Madura United Sempat Berhenti Napas Setelah Insiden di Laga Kontra PSIS Semarang

Dokter tim Madura United, Marcelo Araujo, menceritakan detik-detik menegangkan saat memberi pertolongan pada Rian.

Tribun Jateng/ Franciskus Ariel Setiaputra
Situasi saat penanganan medis kepada pemain Madura United, Ricky Ariansyah pada laga kontra PSIS Semarang di pekan ke-29 BRI Liga 1 2022/2023 di Stadion Jatidiri Semarang, Selasa (7/3/2023) - 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Pemain Madura United, Ricki Ariansyah (Rian), sempat kolaps pada laga melawan PSIS Semarang di Stadion Jatidiri, Semarang, Selasa (7/3/2023) kemarin.

Dokter tim Madura United, Marcelo Araujo, menceritakan detik-detik menegangkan saat memberi pertolongan.

Rian sempat tidak sadarkan diri akibat kepalanya terkena tendangan pemain lawan yang bermaksud menghalau bola.

Baca juga: Insiden di Laga PSIS Vs Madura United: Ricki Ariansyah Dilarikan ke RS, Farrel Arya Minta Maaf

Suasana semakin menegangkan karena sebagian besar pemain dua kesebelasan di dalam lapangan merapalkan doa diiringi tetesan air mata.

Setelah mendapat penanganan intens dokter tim selama kurang lebih 13 menit di dalam lapangan, Rian kemudian dilarikan ke rumah sakit terdekat menggunakan mobil ambulans.

Pemain PSIS Semarang Farrel Arya Trisandika menjenguk pemain Madura United, Ricki Ariansyah di rumah sakit Elizabeth usai laga kedua tim, Selasa (7/3/2023). Farrel dan Ricki terlibat insiden yang menyebabkan Ricki mengalami kritis di lapangan dan harus dilarikan segera ke rumah sakit terdekat.
Pemain PSIS Semarang Farrel Arya Trisandika menjenguk pemain Madura United, Ricki Ariansyah di rumah sakit Elizabeth usai laga kedua tim, Selasa (7/3/2023). Farrel dan Ricki terlibat insiden yang menyebabkan Ricki mengalami kritis di lapangan dan harus dilarikan segera ke rumah sakit terdekat. (istimewa)


"Waktu itu saya bicara sama dia (Rian), dia respon saya, dokter katanya, saya di situ emosional, saya cium kepala dia, saya tahu dia ada dengan kita lagi," kata Marcelo Araujo, Rabu (8/3/2023).

"Tidak bisa kita emosi kalau kita tahu kita balikin satu orang yang lagi bermasalah, dia bisa napas lagi, kita tahu itu pasti emosional sama kita, sama siapapun," tambahnya.

Saat kejadian, dokter asal Brasil itu tidak memungkiri sempat menitikkan air mata sepanjang proses memberikan pertolongan.

Itu terjadi karena ia sudah menganggap Rian dan semua yang ada di tim adalah bagian dari keluarga.

 Apalagi ia sangat dekat dengan Rian karena Rian baru saja menjalani perawatan cukup panjang proses penyembuhan cedera.

"Saya mau terimakasih pada fans dari Madura dan semua suporter Indonesia, kirim saya message, untuk support saya dan support Rian," ucapnya.

Ia juga menyinggung soal tidak lengkapnya peralatan medis di dalam mobil ambulans yang masuk ke lapangan.

"Itu ambulans dari rumah sakit tidak lengkap.

Jadi kalau ambulans ada di situ bukan sebagai taksi, tapi dia harus lengkap di dalam untuk bisa terima pasien ada di dalam," jelasnya.

"Saya minta tolong sama federasi, lebih lengkap berikutnya kalau ada pertolongan pertama seperti itu, mereka sudah siap untuk hadapi masalahnya," pungkas Marcelo Araujo.

Kondisi terkini, Rian terus membaik.

Sedang mendapat perawatan intens. (*)

 

Artikel ini telah tayang di TribunJatim.com dengan judul Dokter Madura United Ungkap Detik-detik Menegangkan Penyelamatan Rian: Sempat Menitikkan Air Mata

Baca juga: PSIS Semarang Kelabakan Hadapi Madura United, M Ridwan Ungkap Penyebabnya

Sumber: Tribun Jatim
BERITATERKAIT
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved