Guru Berkarya

Peran Kepala Sekolah sebagai Edukator

Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal pengemban tugas untuk mencapai tujuan institusional yang berimplikasi kepada tercapainya pendidikan nasional

Editor: galih permadi
IST
Suyatmi, S.Pd., Kepala SD Negeri 4 Tunggulrejo, Kec. Gabus, Kab. Grobogang 

Oleh: Suyatmi, S.Pd., Kepala SD Negeri 4 Tunggulrejo, Kec. Gabus, Kab. Grobogang

Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal pengemban tugas untuk mencapai tujuan institusional yang berimplikasi kepada tercapainya tujuan pendidikan nasional. Kepala sekolah memiliki peran penting dalam mencapai tujuan sekolah karena kepala sekolah peletak berbagai kebijakan dan aturan terkait pengembangan lembaga pendidikan.

Disampakan oleh Mulyasa (2003) bahwa kepala sekolah memiliki peran yang sangat kuat dalam mengkordinasikan, menggerakkan dan menyerasikan semua sumber daya pendidikan yang tersedia di sekolah. Kepemimpinan kepala sekolah merupakan salah satu faktor yang mendorong sekolah untuk dapat mewujudkan visi, misi, tujuan dan sasaran sekolahnya melalui program-program yang dilaksanakan secara terencana dan bertahap.

Kepala sekolah memiliki tanggung jawab sebagai edokator di bidang pengajaran, pengembangan kurikulum, administrasi kesiswaan, administrasi personalia staf, hubungan masyarakat, administrasi dan perlengkapan, serta organisasi sekolah. Kepala sekolah memiliki tugas untuk membimbing guru, tenaga kependidikan, dan peserta didik agar mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta memberi teladan yang baik.

Kepala sekolah dituntut untuk senantiasa berusaha membina dan mengembangkan hubungan kerja sama yang baik antara sekolah dengan masyarakat guna mewujudkan sekolah yang efektif dan efisien. Hubungan yang harmonis ini akan membentuk saling pengertian dan saling membantu antara sekolah, orang tua, masyarakat, dan lembaga-lembaga. Semua ikut bertanggung jawab atas suksesnya pendidikan di sekolah.

Kepala sekolah tidak saja dituntut untuk melaksanakan berbagai tugasnya di sekolah, tetapi ia juga harus mampu menjalin hubungan kerja sama dengan masyarakat dalam rangka membina pribadi peserta didik secara optimal.  Kepala sekolah dapat menerima tanggung jawab tersebut, tetapi ia belum tentu mengerti dengan jelas bagaimana ia dapat menyumbang ke arah perbaikan program pengajaran.

Kepala sekolah harus berusaha menanamkan dan meningkatkan sedikitnya empat macam nilai yaitu pembinaan mental, moral, fisik, dan aristik bagi para guru dan tenaga kependidikan di lingkungan kepemimpinannya. Mental berkaitan dengan sikap batin dan watak manusia. Moral berkaitan dengan ajaran baik buruk mengenai perbuatan, sikap dan kewajiban atau moral diartikan sebagai akhlak, budi pekerti dan kesusilaan. Fisik berkaitan dengan kondisi jasmani atau badan, kesehatan dan kterampilan manusia secara lahiriyah. Aristik berkaitan dengan kepekaan manusia terhadap seni dan keindahan.

Cara kerja kepala sekolah dan cara ia memandang peranannya dipengaruhi oleh kepribadiannya, persiapan dan pengalaman profesionalnya, serta ketetapan yang dibuat oleh sekolah mengenai peranan kepala sekolah di bidang pengajaran. Pelayanan pendidikan dalam dinas bagi administrator sekolah dapat memperjelas harapan-harapan atas peranan kepala sekolah.

Dalam melaksanakan fungsinya sebagai edukator, kepala sekolah harus memiliki strategi yang tepat untuk meningkatkan profesionalisme tenaga kependidikan di sekolahnya, menciptakan iklim yang kondusif, memberikan dorongan kepada warga sekolah. Sebagai edukator, kepala sekolah harus memiliki kemampuan untuk mendorong guru sebagai tenaga pendidik melaksanakan proses pembelajaran dengan baik. Kepala sekolah juga harus membimbing guru dan tenaga kependidikan, membimbing peserta didik, serta meningkatkan kinerja guru-guru sehingga tujuan institusi dapat tercapai.

Untuk meningkatkan kinerja guru, kepala sekolah sebagai edukator perlu memberikan kesempatan kepada guru untuk mengembangkan keterampilannya. Kepala sekolah juga harus mengikutsertakan guru-guru untuk mengikuti pelatihan-pelatihan. Selain itu juga memberikan kesempatan kepada guru-guru untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Harapannya kualitas pendidikan di sekolah yang dipimpinnya menjadi lebih baik.

BERITATERKAIT
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved