Berita Cilacap

BREAKING NEWS: Gelombang Tinggi Capai 4 Meter di Laut Selatan Jawa Hingga Besok

BMKG Stasiun Tunggul Wulung Cilacap kembali memberikan peringatan adanya potensi gelombang tinggi hingga 4 meter di laut selatan Jawa

Penulis: Pingky Setiyo Anggraeni | Editor: muslimah
TribunJateng.com/Pinky Anggraeni
Gelombang tinggi saat terjadi di perairan Cilacap yang menerjang beberapa warung di sekitar Pantai Indah Widarapayung. Selasa (30/9). 

TRIBUNJATENG.COM, CILACAP - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Tunggul Wulung Cilacap kembali memberikan peringatan adanya potensi gelombang tinggi hingga 4 meter di laut selatan Jawa.

Seperti di samudera hindia selatan Jawa Tengah, Jawa Barat dan DIY.

BMKG memperkirakan wilayah samudera hindia selatan Jawa Tengah, Jawa Barat dan DIY akan dilanda gelombang tinggi yakni sejak Jumat (31/3) mulai pukul 07.00 WIB hingga Sabtu (1/4) pukul 07.00 WIB.

Baca juga: Jejak Penyebaran Islam di Masjid Jami Nur Nganguk Wali Kudus, di Sini Para Wali Bertemu dan Diskusi

Baca juga: Ayah Liliana Tanoesoedibjo Meninggal, Clarissa Tanoesoedibjo Kisah Perjalanannya: Banyak Petualangan

Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap, Adnan Dendy Mardika mengatakan bahwa daerah-daerah yang diperkirakan terjadi gelombang tinggi yang berkisar antara 2,5 - 4 meter seperti wilayah samudera hindia selatan Cilacap, Kebumen, Purworejo dan Yogyakarta¬†

"Gelombang tinggi juga berpotensi terjadi di samudera hindia selatan Sukabumi, Cianjur, Garut, Tasikmalaya dan Pangandaran," ungkap Adnan kepada Tribunbanyumas.com. Jumat (31/3).

Selain terjadi di samudera hindia selatan, gelombang tinggi juga berpotensi terjadi di perairan selatan Jawa Tengah, Jawa Barat dan DIY.

Seperti di perairan selatan Sukabumi, Cianjur, Garut, Tasikmalaya dan Pangandaran.

Gelombang tinggi juga berpotensi terjadi di perairan selatan Cilacap, Kebumen, Purworejo dan Yogyakarta.

Dikatakan Adnan mengenai penyebab terjadinya gelombang tinggi yaitu karena adanya angin yang cukup kencang.

"Saat ini pola angin di Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari Barat Daya-Barat Laut dengan kecepatan angin 3 - 30 knot," katanya.

Dengan adanya peringatan potensi gelombang tinggi tersebut, maka BMKG mengimbau masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada.

BMKG juga mengahimbau masyarakat untuk selalu memperhatikan update informasi cuaca maritim BMKG. (pnk)

Sumber: Tribun Jateng
BERITATERKAIT
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved