Berita Jepara

Jelang Lebaran, Pj Bupati Jepara Pastikan Stok Kebutuhan Pokok Aman

Masyarat sedang bersiap menyambut Hari Raya Idul Fitri. Hal yang sering terjadi saat lebaran semakin yakni harga-harga kebutuhan pokok merangsek naik

Penulis: Muhammad Yunan Setiawan | Editor: muslimah
Dok. Diskominfo Jepara
Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta mengecek harga kebutuhan pokok di satu pasad tradisional. Dia menyebut harga kebutuhan pokok masih aman. 

TRIBUNMURIA.COM, JEPARA - Masyarat sedang bersiap menyambut Hari Raya Idul Fitri. Hal yang sering terjadi saat lebaran semakin yakni harga-harga kebutuhan pokok merangsek naik.

Untuk memastikan harga kebutuhan pokok aman, Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta meninjau ke sejumlah pasar tradisional, Senin (17/4/2023)

Pantauan diawali dari Pasar Tahunan hingga Pasar Pecangaan.

Selain ke pasar, Edy juga memastikan stok BBM dan elpiji di stasiun-stasiun pengisian.

Seperti di SPBU Kali Tekuk Kecamatan Tahunan, dan SPPBE PT Jepara Energi Persada di Desa Pulodarat Kecamatan Pecangaan. Diketahui, persediaan maupun pasokannya dalam kondisi aman.

Pj Bupati Jepara menyebut jika jelang idulfitri memang ada kenaikan harga kepokmas, hanya saja, tren tersebut diyakini sesaat, dan dinilai wajar saat menyambut hari-hari besar. 

Meski terdapat selisih harga di pasaran dibanding hari-hari biasa, nilainya masih berada pada batas yang bisa ditoleransi.

"Alhamdulilah kondisinya stabil, hanya cabe merah yang mengalami kenaikan yang cukup. Dengan rata-rata kenaikan antara Rp5 ribu," kata Pj Bupati Jepara ysai meninjau harga kebutuhan pokok masyarakat.

Sama halnya dengan cabai merah. Edy menyatakan nilai jual ayam sayur sekitar Rp35 ribu per kilogram.

Padahal, sebelum Ramadan pembeli masih bisa membayar Rp32 ribu. Itu diketahui dia setelah berdialog dengan sejumlah pedagang.

Jika komoditas caba merah dan ayam mengalami kenaikan harga, berbeda halnya dengan telur. Kini harganya berkisar Rp26 ribu per kilogram. Ada penurunan dari sebelumnya, turun Rp1 ribu sampai Rp2 ribu per kilogram. 

"Prinsipnya kita siap menghadapi lebaran. Kita juga pastikan stok aman," jelasnya.

Kendati kondisi rata-rata kepokmas diwarnai lonjakan harga, ketersediaan stok di pasar-pasar dipastikan masih aman hingga puncak pekan Syawalan mendatang. 

Karena setelah momen tersebut, harga-harga bahan pangan dipastikan akan kembali melandai seiring permintaan yang kembali normal. (*)

Sumber: Tribun Jateng
BERITATERKAIT
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved