Berita Banyumas

Stasiun Daop 5 Purwokerto Mulai Dipadati Pemudik, H-1 Lebaran Diprediksi Mencapai 17 Ribu Orang

Pemudik dari berbagai wilayah sudah terlihat di Stasiun Daop 5 Purwokerto, Rabu (19/4/2023).

Permata Putra Sejati   
Suasana di Stasiun Daop 5 Purwokerto yang sudah terlihat dipadati para pemudik, Rabu (19/4/2024). 

TRIBUNJATENG.COM, PURWOKERTO - Pemudik dari berbagai wilayah sudah terlihat di Stasiun Daop 5 Purwokerto, Rabu (19/4/2023). 

Puncak arus mudik di Stasiun Daop 5 Purwokerto diperkirakan terjadi pada H-1 dengan perkiraan kedatangan mencapai 5.000 lebih. 

Pada H-1 lebaran nanti dari 17 stasiun dibawah Daop 5 Purwokerto kedatangan pemudik total bisa mencapai 17 ribuan orang. 

"Jelas ini sudah mulai ada kenaikan yang cukup signifikan dari hari ke hari," ujar Manager Humas Daop 5 Purwokerto, Krisbiyantoro kepada Tribunbanyumas.com, Rabu (19/4/2023).

Pada Angkutan Lebaran 2023 ini, KAI Daop 5 menyediakan 192.324 tempat duduk selama periode 12 April sampai dengan 3 Mei 2023 atau rata-rata perhari sebanyak 8.742 tempat duduk.

Tiket KA Jarak Jauh yang telah terjual keberangkatan KA awal dari Daop 5 Purwokerto adalah 84.253 tiket atau 44 persen dari total keseluruhan tiket KA Jarak Jauh yang disediakan yaitu 190.057 tiket.

Pada Lebaran tahun 2023 ini, KAI Daop 5 Purwokerto telah menyiapkan semua aspek melayani pelanggan secara maksimal.

Kesiapan KAI Daop 5 Purwokerto mencakup sumber daya manusia, sarana, prasarana, maupun hal lain-lain yang berkaitan dengan pelayanan secara keseluruhan.

Untuk aspek SDM, seluruh petugas operasional seperti masinis dan asisten masinis siap mematuhi SOP. 

Para petugas frontliner seperti kondektur, prama/prami, dan customer service dipastikan melayani pelanggan dengan sepenuh hati. 

Guna meningkatkan keselamatan perjalanan kereta api di periode Angkutan Lebaran ini, KAI Daop 5 Purwokerto menambah petugas prasarana extra meliputi Petugas Penjaga Jalan Lintas (PJL) extra sebanyak 8 orang untuk 4 titik daerah perhatian khusus.

Petugas Pemeriksa Jalur (PPJ) extra sebanyak 45 orang untuk 45 titik daerah perhatian khusus, diantaranya petak jalan antara Prupuk-Linggapura, Linggapura-Bumiayu, Karangsari-Karanggandul, Notog-Kebasen, Banjar-Langen, Meluwung-Cipari, Gandrungmangun-Kawunganten, Kawunganten-Jeruklegi, Jeruklegi-Lebeng dan antara Maos-Sikampuh. 

Daop 5 juga menambah 6 orang Petugas Daerah Pemantauan Khusus (Petugas Dapsus) extra untuk 2 titik dapsus. 

Disamping itu KAI Daop 5 juga menempatkan Alat Material Untuk Siaga (AMUS). 

Adapun AMUS telah disiapkan di beberapa titik terdekat daerah perhatian khusus sehingga apabila sewaktu-waktu dibutuhkan dapat segera dan cepat menanggulangi keadaan darurat. (jti) 

Sumber: Tribun Jateng
BERITATERKAIT
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved