Guru Berkarya

WhatsApp Grup, Media Asik Belajar Menulis Bahasa Perancis

Keterampilan belajar berbahasa memiliki 4 pokok penting, yaitu mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis.

Editor: galih permadi
IST
Siti Zulaeni, S.Pd Guru Bahasa Perancis SMA Negeri 1 Brebes 

Oleh: Siti Zulaeni, S.Pd, Guru Bahasa Perancis SMA Negeri 1 Brebes

Keterampilan belajar berbahasa memiliki 4 pokok penting, yaitu mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. Menulis merupakan latihan berbahasa, menuangkan ide-ide yang ada dalam pikiran ke dalam sebuah tulisan. Menulis banyak manfaatnya, seperti meningkatkan kreativitas, memperkuat daya ingat, menjadikan hidup lebih produktif, hiburan, media komunikasi yang baik dan sebagainya. Akan tetapi, menulis itu tidak mudah, diperlukan kiat yang keras untuk menulis.

Untuk dapat menulis, kita harus sering membaca, rajin mencari referensi, mencari suasana menulis yang nyaman dan menyenangkan,  menulis topik yang menyenangkan dan sebagainya.  Selain itu, kita harus memiliki motivasi yang kuat untuk menulis dan berusaha menepis rasa malas yang terkadang menerpa ketika ada keinginan untuk menulis.

Di SMA Negeri 1 Brebes, Bahasa Perancis adalah mata pelajaran lintas minat yang diajarkan di kelas XI dan XII. Dalam proses belajar Bahasa Perancis, seringkali siswa mengalami kesulitan, terutama dalam keterampilan menulis. Apalagi mata pelajaran Bahasa Perancis tersebut baru dipelajari ketika belajar di SMA. Bahkan, ada anggapan (image) siswa yang mengatakan bahwa Bahasa Perancis itu sulit.

Menurut penulis, ada media asyik untuk belajar keterampilan menulis, yakni melalui media WhatsApp (WA) Grup, karena WA Grup sangat popular di kalangan siswa dan mudah mengaksesnya. Dengan WA Grup, komunikasi antara guru dan siswa dapat berjalan dengan lancar. Guru dapat berbagi materi, tugas atau video. Demikian juga siswa, siswa dapat mengirim tugas dan pekerjaan yang telah dikerjakan. Jadi, siswa dengan mudah belajar menulis Bahasa Perancis. Guru juga tidak mengalami kesulitan dalam mengajar menulis Bahasa Perancis. Selain itu, image siswa yang mengatakan belajar menulis Bahasa Perancis dapat terbantahkan. Penulis pun memiliki keyakinan dengan media WA Grup belajar menulis dalam Bahasa Perancis akan lebih mudah dan menyenangkan.

WA Grup merupakan platform media sosial yang paling sering digunakan oleh masyarakat, termasuk juga siswa. WA Grup  dapat digunakan untuk berkirim pesan dan panggilan untuk ponsel cerdas yang sederhana, aman, dan sangat familiar. WA Grup mudah dalam pengiriman berbagai bentuk informasi secara peroranngan dan kelompok. Pengguna dari berbagai kalangan dan usia mudah memahami dan menggunakannya. Dengan demikian, WA Grup dapat dijadikan sebagai media belajar menulis Bahasa Perancis.

Penulis memilih WA Grup sebagai media karena WA Grup sangat familiar dan digunakan di berbagai kalangan. Jadi, siswa dengan mudah menggunakan platform tersebut. Selain itu, sesuai dengan usia dan perkembangan anak jaman sekarang (kids now), yang selalu mengikuti perkembangan jaman dan kecanggihan teknologi.

Adapun mekanisme belajar  melalui WA Grup, dimulai dengan guru memberikan  materi menulis Bahasa Perancis.  Setelah itu, untuk praktek, guru memberikan tugas menulis untuk siswa. Untuk pengiriman tulisan, siswa dapat memanfaatkan media WA Grup yang sebelumnya sudah dibuat guru. Wa Grup dibuat untuk menjadi wadah menampung tugas-tugas menulis dari siswa.  Untuk topik menulis telah ditentukan sebelumnya sesuai kompetensi dasar yang ada, seperti:  La présentation (Perkenalan diri sendiri atau orang lain), L’identité (identitas diri), La vie quotidienne (kehidupan sehari-hari), la vie scholaire (kehidupan di sekolah), L’hobby (hobi/kegemaran), le tourisme (wisata) dan sebagainya. Selanjutnya, disepakati terkait tulisan yang akan dikerjakan siswa, misalnya banyaknya kalimat atau paragraph. Tentu saja, disepakati juga batas waktu pengiriman (time line), untuk mendisiplinkan dan memotivasi siswa mengirim tulisan tepat waktu.

Dengan begitu,  belajar menulis Bahasa Perancis dengan  WA Grup menjadi mudah dan mengasikkan. Selain itu, sangat membantu tugas guru dalam memahamkan setiap materi Bahasa Perancis yang diajarkan.

BERITATERKAIT
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved