Berita Jepara

Sekda Jepara Motivasi KPM Bansos Keluar dari Garis Kemiskinan

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jepara, Edy Sujatmiko memotivasi para penerima bantuan sosial untuk keluar dari garis kemiskinan

Penulis: Muhammad Yunan Setiawan | Editor: muslimah
Dok. Protokol Setda Jepara
Sekda Jepara Edy Sujatmiko menyetahkan beras kepada KPM, Jumat (19/5/2023) kemarin. 

TRIBUNMURIA.COM, JEPARA - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jepara, Edy Sujatmiko memotivasi para penerima bantuan sosial untuk keluar dari garis kemiskinan.

Motivasi itu dia berikan saat menyerahkan bantuan pangan beras (BPB) kepada ratusan keluarga penerima manfaat (KPM) di Kelurahaan Demaan, Kecamatan Jepara pada Jumat (19/5/2023) pagi. 

Dia diampingi Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat, dan Desa Edy Marwoto serta Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Diyar Susanto.

Kepada para penerima BPB Edy Sujatmiko mengatakan, setiap KPM yang keluar dari garis kemiskinan, akan menjadi berkah bagi yang lain.

Kondisi itu juga penting dalam menurunkan angka kemiskinan di daerah.

“Jika saat ini menrima bantuan, maka kelak bisa memberi bantuan kepada yang lain. Semoga doa Ibu-Ibu untuk menjadi orang kaya segera terkabul,” kata Edy Sujatmiko.

BPB yang diserahkan Sekda Edy Sujatmiko, merupakan bagian dari penyaluran tahap kedua BPB tahun 2023.

Secara nasional, bantuan yang dimaksudkan untuk mengurangi beban pengeluaran keluarga penerima manfaat (KPM) melalui pemenuhan sebagian kebutuhan pangan beras, diberikan kepada 21,353 juta KPM. 

Tahun ini, BPB dilaksanakan tiga bulan alokasi, yakni Maret, April, dan Mei 2023. Setiap KPM memperoleh bantuan sebanyak 10 kilogram per KPM per bulan dengan kualitas beras cadangan bantuan pangan medium. 

“Ini alokasi bulan kedua. (Alokasi) bulan pertama sudah Panjenengan terima bulan lalu, kan?” tanya Edy Sujatmiko kepada para penerima. Pertanyaan itu mendapat jawaban “Sudah.”

Edy Sujatmiko menjelaskan, di Demaan, penerima bantuan pangan beras sejumlah 484 KPM, sehingga beras yang disalurkan per alokasi mencapai 4.840 kilogram

Di Jepara, total penerima bantuan pangan (PBP) mencapai 131.785 KPM. Alokasi beras yang disiapkan per alokasi, sejumlah 1.317.850 kilogram atau 1,317 ton.

Bantuan pangan alokasi Maret telah disalurkan seluruhnya untuk 131,785 KPM.
Penyaluran bantuan pangan beras tahap kedua, telah dimulai di Kecamatan Kembang, Keling, dan Donorojo pada 15 Mei 2023.  Penyaluran ini dijadwalkan selesai pada 23 Mei 2023 di Kecamatan Tahunan dan Mlonggo.  (*)

 

Sumber: Tribun Jateng
BERITATERKAIT
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved