UIN Walisongo Semarang

PWN 2023 Resmi Dibuka, Usung Tema Perdamaian

Racana UIN Walisongo Semarang ikuti Pramuka Wirakarya Nasional ke-16 tahun 2023 di bumi perkemahan Kampus 2 IAIN Sultan Amai Gorontalo selama sepekan.

Penulis: Abduh Imanulhaq | Editor: galih permadi
IST
Racana UIN Walisongo Semarang ikuti Pramuka Wirakarya Nasional (PWN) ke-16 tahun 2023 di bumi perkemahan Kampus 2 IAIN Sultan Amai Gorontalo selama sepekan (22-27/05/2023). 

TRIBUNJATENG.COM, Gorontalo – Racana UIN Walisongo Semarang ikuti Pramuka Wirakarya Nasional (PWN) ke-16 tahun 2023 di bumi perkemahan Kampus 2 IAIN Sultan Amai Gorontalo selama sepekan (22-27/05/2023).

Kegiatan ini diikuti sebanyak 1.200 peserta dari berbagai Perguruan Tinggi Keagaman Negeri (PTKN) di Indonesia.

Hadir Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas untuk membuka kegiatan ini. Pembukaan PWN ke-16 ditandai dengan pemukulan alat musik tradisonal Gorontalo Palo-Palo oleh Menag Yaqut Cholil Qoumas, Ketua Kwarnas Budi Waseso, dan Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya. Turut serta, Dirjen Pendis Muhammad Ali Ramdhani, Rektor IAIN Sultan Amai Gorontalo Zulkarnaen Suleman dan Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yang bertindak sebagai inspektur upacara menyampaikan PWN ke-16 harus dijadikan momentum untuk meneguhkan diri sebagai sebuah gerakan yang adaptif, inovatif, dan kreatif dalam menyesuaikan dan menghadapi tantangan perubahan zaman.

Apalagi, lanjut Menag, tema besar yang diusung pada PWN kali ini bertajuk “Merawat Keberagaman dan Perdamaian dalam Bingkai Moderasi Beragama.”

“Ini sebuah tema yang cukup menantang sekaligus membutuhkan pembuktian segenap insan Pramuka PTKN. Saudara harus bisa adaptif, inovatif, dan kreatif untuk merawat keberagaman dan perdamaian,” pesan Menag,

Pembukaan PWN 2023 juga dihadiri para Staf Ahli, Staf Khusus dan Tenaga Ahli Menteri Agama serta pejabat eselon I dan II Kementerian Agama.

Dirjen Pendidikan Islam Ali Ramdhani dalam laporannya mengatakan kegiatan yang diinisiasi oleh Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam ini, menunjuk IAIN Gorontalo sebagai tuan rumah.

“Tahun ini, PWN diikuti oleh peserta sebanyak 1.200 peserta yang berasal dari 68 Perguruan Tinggi Keagamaan se-Indonesia dan 4 Madrasah Aliyah Negeri di Provinsi Gorontalo,” ujar Ali Ramdhani.

Sejalan dengan Menag dan Dirjen Pendis, Rektor UIN Walisongo, Imam Taufiq juga memberikan pesan pada kontingen UIN Walisongo untuk senantiasa menebar manfaat dan perdamaian antar sesama.

“Keikutsertaan kalian dalam PWN ke-16, bukan hanya sekedar melatih kretivitas, tetapi juga mengajarkan kepada kalian untuk menjadi pribadi yang bermanfaat dan pelopor perdamaian antar sesama,” tutur Imam taufiq pada saat penglepasan kontingen.(*) 

BERITATERKAIT
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved