Breaking News:

Berita Nasional

Pakar Komunikasi Dr Aqua Suntik Motivasi ke Karyawan Santika Semarang

Kepuasan tamu merupakan inti pokok dari pelayanan yang diberikan di dalam industri perhotelan.

Editor: Erwin Ardian
aqua dwipayana
Pakar Komunikasi Dr Aqua beri motivasi di Santika Premier Semarang 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG---Kepuasan tamu merupakan inti pokok dari pelayanan yang diberikan di dalam industri perhotelan. Tamu akan merasa sangat dihargai dan dihormati apabila setiap karyawan hotel memiliki komunikasi yang baik.

Oleh karena itu, komunikasi sangat penting bagi setiap departemen mulai dari bagian depan (front office) hingga yang lainnya. Itu adalah bagian yang paling utama di saat tamu tiba di hotel. Dengan demikian tamu akan merasa nyaman untuk tinggal di hotel tersebut.

Demikian disampaikan Pakar Komunikasi dan Motivasi Dr Aqua Dwipayana menjelang Sharing Komunikasi dan Motivasi bertajuk “Peran Komunikasi Efektif dalam Mendukung Pelayanan ‘Hospitality from The Heart’ untuk Menciptakan Kepuasan Tamu” di Premiere Room Hotel Santika Premiere Semarang Jalan Pandanaran No. 116-120 Kota Semarang, Jawa Tengah, Rabu 24 Mei 2023.

“Setiap kerja pelayanan haruslah dimulai dari hati. Semua unsur dalam sebuah organisasi, apalagi yang bergerak dalam bisnis pelayanan seperti hotel, haruslah memunculkan “Service Mindset” atau Berpikir Melayani. Hal ini dilakukan untuk bisa mengambil hati setiap orang dan menjadikan pelayanan itu sendiri sebagai panggilan hati,” ucap Dr Aqua Dwipayana.

Dr Aqua Dwipayana mendapat undangan langsung dari General Manajer Hotel Santika Premiere Semarang Agus Suyatna. “Saya merasa bahwa kehadiran Bapak Dr Aqua Dwipayana dengan segudang pengalaman berkeliling Nusantara dan mancanegara dengan praktik silaturahimnya akan mampu menyuntikkan spirit dan motivasi teman-teman di Hotel Santika Premiere Semarang ini untuk menunjukkan kinerja terbaik,” ucap Agus Suyatna.

Sharing Komunikasi dan Motivasi di Hotel Santika Premiere Semarang bagi Dr Aqua Dwipayana bukanlah yang pertama kali. Sebelumnya saat pandemi Covid-19 secara mendadak pernah melakukan hal serupa. Waktu itu juga atas undangan Agus Suyatna.

"Saya sangat bersyukur dan senang sekali mendapatkan undangan dari Bapak Agus Suyatna. Beliau memberi saya lahan ibadah untuk menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi kepada jajarannya," ucap Dr Aqua Dwipayana.

Untuk itu, Dr Aqua Dwipayana menambahkan, semua unsur di dalam sebuah perusahaan atau lembaga mutlak harus memiliki kompetensi atau keterampilan komunikasi yang baik. “Di dalam sebuah lembaga atau organisasi termasuk hotel, ada yang disebut komunikasi vertikal dan horizontal serta komunikasi internal dan eksternal. Masing-masing harus dipersepsi dan dikuasai dengan baik,” kata anggota Dewan Pakar Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) Pusat ini menguraikan.

Bagi Dr Aqua Dwipayana yang kerap berbicara dan menyampaikan sharing komunikasi dan motivasi di lingkungan BUMN, perusahaan swasta nasional, TNI dan Polri, serta lembaga lainnya, penyampaian materi di lingkungan perhotelan atau terkait dengan "hospitality" bukanlah yang pertema. Sudah berkali-kali, pria yang sudah hobi silaturahim itu berbicara tentang aspek bisnis di bidang hotel dan pariwisata secara umum.

Saat di Sumatera Barat, misalnya, Dr Aqua Dwipayana bahkan tiga kali berbicara di hadapan unsur manajemen dan karyawan hotel. Pada Rabu 17 Mei 2023, mantan wartawan di banyak media besar tersebut memaparkan materi bertajuk “Fokus terhadap Service Excellent Menciptakan Pelayanan Hotel yang Terbaik, Terunggul, dan Pilihan Utama di Bukittinggi dan Sumatera Barat”. Kegiatan yang digelar di Santika Meeting Room 3 & 5 Hotel Santika Bukittinggi Jl. Tuanku Nan Renceh No 33 Kota Bukittinggi, Sumatera Barat tersebut diarahkan kepada puluhan unsur pimpinan dan karyawan hotel tersebut.

Ini adalah Sharing Komunikasi dan Motivasi ketiga kalinya dalam kehadiran pria yang hobi silaturahim tersebut di Sumatera Barat. Sebelumnya, Dr Aqua Dwipayana telah berbicara di jajaran tim redaksi salah satu media terbesar di Padang yakni Padang Ekspres Group serta kemudian kepada jajaran karyawan dan unsur pimpinan Hotel Santika Premiere Padang dan Hotel Amaris Padang.

*Sering Bicara di Hotel*
Bahkan jauh sebelumnya, sudah berkali-kali Staf Ahli Ketua Umum KONI Pusat Bidang Komunikasi Publik ini juga telah berbicara menekankan urgensi komunikasi berdimensi silaturahim di kalangan karyawan perhotelan.

Pada 14-15 Maret 2023 lalu, Dr Aqua mempresentasikan materi bertajuk “Membangun Semangat Karyawan dan Bekerja Dari Hati” di depan sekitar 500 karyawan Hotel Golden Tulip Holland Resort Batu, Holland Bakery Jawa Timur, dan Optik Internasional. Hotel bintang lima dan terbaik di Kota Batu itu milik Sonny Njonoriswondo dan Linggarjanto Boedi Oetomo.

Sebelumnya, pria yang senang membantu banyak orang ini sudah sering memberikan materi inspiratif dan bernasnya kepada para pimpinan staf yang bekerja di sektor hospitality atau perhotelan dan pariwisata.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
BERITATERKAIT
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved