Lipsus

SMA Semesta Bilingual Boarding School Semarang

Penulis: amanda rizqyana
Editor: sujarwo
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

SMA Semesta Bilingual Boarding School Semarang beralamat di Jalan Raya Manyaran-Gunungpati KM 15 Kelurahan Nongkosawit Kecamatan Gunungpati Kota Semarang.

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - SMA Semesta Bilingual Boarding School Semarang beralamat di Jalan Raya Manyaran-Gunungpati KM 15 Kelurahan Nongkosawit Kecamatan Gunungpati Kota Semarang.

Ahmad Nurani, Kepala SMA Semesta menyatakan kuota per tahun ajaran sebanyak 96 siswa untuk 4 kelas, 2 kelas untuk siswa dan 2 kelas untuk siswi. Masing-masing kelas diisi 24 siswa maupun siswi.

Jalur gelombang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) setiap September-Juni melalui jalur penerimaan reguler dan beasiswa.

Adapun jalur masuk di SMA Semesta Bilingual Boarding School melalui penawaran beasiswa melalui Beasiswa Kompetisi Sains Nasional (KSN), pendidikan, talenta, dan olahraga.

"Selain pemberian jalur masuk melalui beasiswa, diberikan pula diskon atau potongan harga biaya masuk atau Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) untuk alumni, keluarga siswa atau siswi, rekomendasi orang tua siswa atau siswi," ujarnya pada Tribun Jateng, Kamis (7/7/2022).

Berdasarkan data yang ia miliki, di tahun ini sebanyak 47 siswa telah diterima perguruan tinggi.

Sebanyak 7 siswa diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dalam negeri melalui jalur prestasi akademik atau nonakademik dan 4 siswa diterima di Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dalam negeri melalui jalur prestasi akademik dan nonakademik.

3 siswa diterima di PTS dalam negeri beasiswa penuh, 1 siswa diterima di PTN mancanegara sebagai penerima beasiswa penuh, 1 siswa diterima PTS mancanegara sebagai penerima beasiswa penuh, 1 siswa diterima di PTN mancanegara sebagai penerima beasiswa paruh, dan 1 siswa diterima di PTS mancanegara sebagai penerima beasiswa paruh.

6 siswa diterima PTN jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), 7 siswa diterima PTN jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), 3 siswa diterima PTN dalam negeri jalur mandiri, 12 siswa diterima di PTS dalam negeri jalur mandiri, dan 1 siswa diterima PTN dalam negeri melalui jalur lainnya.

Testimoni alumni:

Allan Dwi I'sana, Alumni SMA Putri Angkatan 2008.

"Alhamdulillah memperoleh kesempatan menempuh pendidikan di SMA Semesta Bilingual Boarding School Semarang. Banyak pengalaman berharga, baik dari segi akademik maupun sosial, maupun keagamaan yang telah saya peroleh," terang Allan.

Di samping itu, saya menjadi pribadi yang lebih mandiri, berwawasan luas, hidup saling bertoleransi dalam keberagaman suku dan budaya, baik saat di sekolah maupun sekembalinya ke asrama putri.

Lulus dari SMA Semesta Bilingual School saya melanjutkan pendidikan S1 Jurusan Manajemen di Universitas Diponegoro (Undip) melalui jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK) dan berhasil meneruskan S2 dengan jurusan yang sama.

"Saat ini kesibukan saya ialah sebagai ibu rumah tangga dan bekerja di kantor kontraktor Mechanical Engineering," ungkap Allan.

Ia mengaku bangga menjadi alumni SMA Semesta 2008. (*)

Berita Terkini