Guru Berkarya

Menerapkan Pembelajaran Matematika yang Bermakna dengan Model Jigsaw

Penulis: Abduh Imanulhaq
Editor: galih permadi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Era Setiyawati, S.Pd., Guru SDN 2 Jatipurwo kabupaten Wonogiri

Oleh: Era Setiyawati, S.Pd., Guru SDN 2 Jatipurwo kabupaten Wonogiri

Matematika bukanlah mata pelajaran yang sulit dan menakutkan apabila siswa benar-benar memahami materi yang dipelajarinya.

Maka, guru harus mengubah mindset, dari matematika yang menakutkan dan sulit menjadi matematika yang mudah dan menyenangkan.

Kita mengenal berbagai banyak strategi, pendekatan ataupun metode pembelajaran dengan semua kelebihan dan kekurangannya.

Guru harus memilih strategi, pendekatan ataupun metode yang efektif sesuai materi yang akan diberikan kepada peserta didik.

Salah satunya adalah model pembelajaran jigsaw.

Menurut Supriyadi (2018:11) Jigsaw adalah model pembelajaran kooperatif yang memungkinkan siswa untuk belajar berkelompok, yang masing-masing siswa bertanggung jawab pada satu topik atau bahasan yang kemudian dikolaborasikan dengan anggota kelompok lain.

Sehingga membentuk pengetahuan yang utuh.

Menurut ahli model pembelajaran jigsaw adalah model pembelajaran yang dirancang untuk meningkatkan rasa tanggung jawab siswa terhadap pembejarannya sendiri dan juga pembelajaran orang lain.

Siswa tidak hanya mempelajari materi yang diberikan tetapi juga harus siap memberikan informasi dan mengajarkan materi tersebut kepada kelompoknya untuk itu kemampuan kognitif maupun sosial siswa sangat diperlukan (Istarani, 2014:81).

Sedangkan menurut Yasmin, pembelajaran jigsaw merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang setiap anggota kelompoknya bertanggung jawab mengajari anggota anggota lain untuk mepelajari salah satu bagian materi.

Pembelajaran Matematika  siswa kelas lima di SD Negeri 2 Jatipurwo kabupaten Wonogiri pada materi operasi hitung pecahan belumlah membuahkan hasil yang maksimal.  

Masih banyak siswa yang belum bisa mencapai ketuntasan pada pembelajaran materi ini.

Untuk itu penulis mencoba menerapkan strategi pembelajaran jigsaw dalam pelajaran matematika.

Halaman
12

Berita Terkini