Breaking News:

Jet Tempur hingga Bomber China Mengepung, Taiwan: Kami akan Berperang  

Setidaknya 10 pesawat tempur China, termasuk empat jet Shenyang J-16 bomber dan empat J-10, dan pesawat lain memasuki zona pertahanan Taiwan.

Military Factory
Pesawat Tempur China Shenyang (AVIC) J-11 

BEIJING, TRIBUN - China menggelar sejumlah latihan angkatan udara dan laut secara serentak di bagian barat dan timur Taiwan sejak awal pekan ini.

Militer China mengatakan, armada kapal induk Liaoning dan beberapa kapal perang lain tengah melakukan latihan di sekeliling Taiwan.

"Ini merupakan latihan militer rutin yang digelar berdasarkan rencana kerja pelatihan tahunan untuk menguji keefektifan pelatihan pasukan bersenjata dan meningkatkan kemampuan mereka menjaga kedaulatan, kepentingan, keamanan, dan pembangunan nasional," bunyi pernyataan militer China tersebut pada Senin pekan ini.

Setidaknya 10 pesawat tempur China, termasuk empat jet Shenyang J-16 bomber dan empat J-10, pesawat perang anti-kapal selam Y-8, dan pesawat peringatan dini KJ-500 memasuki zona pertahanan Taiwan.

Menurut pemimpin redaksi majalah China, Shipborne Weapons, Shi Hong, manuver China itu menunjukkan superioritas militer yang lebih unggul dari Taiwan.

"Latihan itu menunjukkan bahwa Tentara Pembebasan Rakyat China mampu mengepung pulau Taiwan, mengisolasi pasukannya, dan tidak membiarkan mereka lari ke mana-mana, dan tidak ada kesempatan untuk menang jika situasi seperti itu terjadi," katanya, seperti dikutip CNN.

Selain untuk Taiwan, Shi menuturkan, latihan militer China itu juga dilakukan untuk mengirim pesan tersirat bagi Amerika Serikat (AS) dan Jepang.

Menurut dia, setiap intervensi militer AS dan Jepang kemungkinan datang dari wilayah timur, maka China melatih angkatan bersenjatanya di kawasan tersebut.

Tak tinggal diam, Taiwan terus mengeluhkan peningkatan aktivitas militer China di dekat wilayah mereka dalam beberapa bulan terakhir.

Taiwan juga berencana menggelar simulasi perang selama 8 hari ke depan dengan bantuan komputer pada bulan ini. Simulasi itu membuka fase pertama latihan militer terbesar Taiwan tahun ini yang disebut Operasi Han Kuang.

Halaman
123
Editor: Vito
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved