Kangen Kuliner Bali? Yuk Cobain Menu di Resto Paon Rasa di Semarang

Kangen Kuliner Bali? Yuk Cobain Menu di Resto Paon Rasa di Jalan Pringgading no 74, Karangwulan Semarang

Kangen Kuliner Bali? Yuk Cobain Menu di Resto Paon Rasa di Semarang
tribunjateng/faisal affan
Kangen Kuliner Bali? Yuk Cobain Menu di Resto Paon Rasa di Jalan Pringgading no 74, Karangwulan Semarang 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Faizal M Affan

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Mencari sebuah warung makan atau restoran yang menjajakan kuliner khas Bali di Semarang, nampaknya memang masih sulit ditemukan. Tetapi ada satu resto yang tetap konsisten menyediakan makanan khas Bali sejak awal 2016, yaitu Paon Rasa. Resto yang berada di Jalan Pringgading no 74, Karangwulan, Semarang Tengah ini, memiliki satu menu spesial yang bernama Nasi Campur Bali.

"Nasinya terdiri dari lawar, ayam sisit, ayam kelapa, kering tempe, sambal matah, dan telur balado," ucap Adrian Setiaji (25), pemilik warung ini.

Kepada Tribun Jateng, pria yang berprofesi sebagai dokter ini menjelaskan satu per satu sayuran dan lauk yang ada di Nasi Campur Bali. Lawar yang digunakan, terdiri dari potongan kacang panjang, nangka muda, parutan kelapa muda, cacahan daging ayam, dan perasan jeruk nipis. Apabila di pulau Jawa, Lawar ibarat gudangan atau urap, yang teksturnya tidak berkuah tapi terdiri dari beberapa sayuran segar.

"Lawar itu terdiri dari campuran sayuran dan daging. Di Bali, lawar bisa juga dibuat dengan campuran daging babi. Tapi, di Paon Rasa, kami menggunakan daging ayam sebagai campurannya, supaya bisa diterima semua kalangan. Rasa lawar cenderung asam dan gurih, karena dicampur dengan perasan jeruk," terangnya.

Kangen Kuliner Bali? Yuk Cobain Menu di Resto Paon Rasa di Jalan Pringgading no 74, Karangwulan Semarang
Kangen Kuliner Bali? Yuk Cobain Menu di Resto Paon Rasa di Jalan Pringgading no 74, Karangwulan Semarang (tribunjateng/faisal affan)

Nasi Campur Bali yang ada di Paon Rasa, bisa dikombinasi dengan lauk dan sayuran lain menyesuaikan selera konsumen. Di restoran ini, juga menyediakan ayam betutu, sate lilit, ikan gerang, empal kering, oseng daun singkong, sambal terasi, dan orak arik pedo. Harganya berkisar antara Rp 20 - 26,5 ribu. Kebetulan, bulan April ini Paon Rasa memberikan promo khusus untuk konsumen.

"Promonya free refill es teh, nasi, dan sambal. Tapi hanya berlaku makan di tempat. Selain itu, ada paket Nasi Brokohan Rp 30 ribu/orang, minimal pesan 10 orang," tambahnya.

Tidak hanya masakan khas Bali saja yang dijajakan, tetapi juga ada masakan Jawa. Di antaranya ada nasi gudeg, nasi pecel, dan nasi gudangan. Untuk minumannya, resto ini menyediakan es kuwut, es lapaya, es daluman, es pisang ijo, es oyen, dan aneka jus.

Resto yang buka dari pukul 08.00 - 17.00 WIB ini, juga sudah terdaftar di dalam aplikasi Go Food.

Sehingga konsumen lebih dimudahkan, tanpa harus datang ke resto.

Paon Rasa juga menyediakan paket nasi tumpeng, katering brokohan dan nasi kotak. Adrian menjelaskan, brokohan yaitu nasi yang beralaskan daun pisang dan terdiri dari aneka sayuran dan lauk. Dalam waktu dekat, pria ini akan menghadirkan katering menu sehat yang rendah kalori.

"Saya begitu perhatian jika soal makanan. Semua makanan yang ada di Paon Rasa tidak memakai pengawet, pewarna, bahkan MSG. Dalam waktu dekat saya juga ingin menyediakan paket menu sehat rendah kalori," pungkasnya. (*)

Penulis: faisal affan
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved