Tebing Setinggi 20 Meter Longsor, Sempat Menutup Akses Penghubung Dua Kecamatan di Brebes

Tanah longsor kembali terjadi di Kabupaten Brebes, tepatnya Desa Jemasih, Kecamatan Ketanggungan, Senin (18/2/2019) sekitar pukul 18.30.

Tebing Setinggi 20 Meter Longsor, Sempat Menutup Akses Penghubung Dua Kecamatan di Brebes
ISTIMEWA
TNI, BPBD, hingga masyarakat setempat bergotong royong membersihkan material tanah longsor di Desa Jemasih, Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes, Selasa (19/2/2019). Tebing longsor terjadi pada Senin (18/2/2019) sekitar pukul 18.30. 

TRIBUNJATENG.COM, BREBES - Tanah longsor kembali terjadi di Kabupaten Brebes, tepatnya Desa Jemasih, Kecamatan Ketanggungan, Senin (18/2/2019) sekitar pukul 18.30.

Material longsor dari Pegunungan Sunia itu menutup akses jalan penghubung dua kecamatan.

Longsor disebabkan guyuran hujan deras yang melanda Kawasan Ketanggungan.

Tebing Pegunungan Sunia dengan ketinggian sekitar 20 meter dan panjang sekitar 6 meter yang rawan pun akhirnya longsor.

"Saya dengar suara gemuruh suara tanah jatuh. Saya cek setelah hujan berhenti, ternyata tanah tebing longsor," kata warga sekitar, Sumadi, Selasa (19/2/2019).

Oleh warga, material longsor dibiarkan sementara karena kondisi sudah malam dan gelap.

Ditambah lagi, jalanan licin setelah diguyur hujan sejak sore.

Babinsa Desa Jemasih, Sertu Dasro mengatakan, hujan berintensitas tinggi yang terjadi mengakibatkan tebing tanah setinggi sekitar 20 meter dan panjang sekitar 6 meter, longsor.

Dasro mengungkapkan, material tanah tersebut menutup akses jalan Kabupaten Brebes penghubung antara Kecamatan Ketanggungan dan Bantarkawung.

”Material longsoran menutup jalan desa yang menghubungkan antarkecamatan menuju ke Brebes yang menyebabkan jalan tersebut tidak bisa dilalui kendaraan roda dua dan empat dengan ketinggian material tanah sekitar 1,5 meter," ungkapnya.

Koramil, muspika setempat, BPBD, dan masyarakat bergotong royong membersihkan material longsoran menggunakan alat manual, seadanya.

"Beruntung lokasi longsor jauh dari pemukiman warga, sehingga tidak ada korban dalam kejadian ini," ucapnya. (M Zainal Arifin)

Penulis: m zaenal arifin
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved