Ngopi Pagi

FOKUS : Ujian dan Nilai

HARI-HARI belakangan ini, para pelajar yang sedang menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN)

FOKUS : Ujian dan Nilai
tribunjateng/bram
Moh Anhar wartawan Tribun Jateng ok 

Oleh Moh Anhar

Wartawan Tribun Jateng

HARI-HARI belakangan ini, para pelajar yang sedang menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) harap-harap cemas. Ujian sebagai tolok ukur mereka setelah menuntaskan proses pembelajarannya di bangku kelas. Dan selanjutnya hasil ujian menjadi bekal mereka melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Kemarin, ribuan pelajar di Semarang mengikuti kegiatan Dzikir Akbar dan Doa Bersama di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) guna bersiap mengikuti ujian tersebut. Iringan doa sebelum ujian diharapkan menguatkan mental mereka.

Di lain tempat, hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) diumumkan. Peserta SNMPTN yang lolos segera menjadi mahasiswa baru di kampus perguruan tinggi yang mereka favoritkan. Keberadaan kampus perguruan tinggi negeri menjadi primadona bagi para lulusan SMA untuk menimba ilmu. Seleksi masuk yang ketat membuat mereka yang lolos layak berbangga.

Apalagi, bagi mereka yang benar-benar berjuang dalam belajar, mampu menyelesaikan soal-soal ujian, baik di sekolah hingga berlelah-lelah di lembaga bimbingan belajar.

Ujian dengan hasil deretan angka-angka nilai akademik menjadi satu di antara ukuran sebuah keberhasilan seorang pelajar.

Lalu bagaimana mereka yang tak bisa lolos SNMPTN? Kita bisa saja bilang: "Ah, kan ada jalur lain untuk masuk. Masih ada peluang lewat Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan seleksi mandiri di tiap-tiap PTN."

Ya, ada banyak cara berikhtiar untuk mencapai apa yang diinginkan. Syukur bisa lolos pada tahapan seleksi berikutnya.

Meski sebenarnya, tak lolos masuk PTN pun tak berarti kiamat. Kita perlu memotivasi calon mahasiswa ini untuk tetap optimistis menatap masa depan.

Halaman
12
Penulis: moh anhar
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved