Breaking News:

Narkoba

Satu Anggota Polrestabes Semarang Positif Narkoba

Direktur Narkoba Polda Jateng, Kombes John Turman mencurigai adanya oknum petugas di Polrestabes Semarang yang terlibat narkoba.

Editor: ignatius prayogo
Laporan Wartawan Warta Jateng, Adi Prianggoro

SEMARANG, WARTAJATENG
- Direktur Narkoba Polda Jateng, Kombes John Turman mencurigai adanya oknum petugas di Polrestabes Semarang yang terlibat narkoba.

Dugaan itu mencuat setelah laboratorium forensik mendapati hasil urine terhadap 3 anggota polisi dari Polrestabes Semarang. Tes urine dilakukan pada Senin (11/2/2013).

Menurut Turman, dari 3 anggota tersebut, dua di antaranya positif  false, kemungkinan mengonsumsi  obat karena menderita sakit. Sementara 1 anggota polisi lain dinyatakan positif mengonsumsi narkoba.

"Hasil satu orang yang positif itu sudah saya sampaikan kepada Divisi Propam Polrestabes dan kini sedang ditangani dan diselidiki. Anggota tersebut dulu pernah bertugas di satuan narkoba namun kini ada di satuan lain," terang Turman.

Koordinator Indonesia Police Watch (IPW) Jateng, Untung Budiarso menilai,  penangangan terhadap kasus dugaan kepemilikan narkoba yang melibatkan Iptu Hendro,  jauh dari sikap tegas. Untung menyoroti lemahnya hukuman atau sanksi dari Polri kepada Iptu Hendro yang sudah pernah divonis bersalah pengadilan karena kasus serupa.

"Sudah dua kali terjerat kasus narkoba hingga kasusnya sampai ke pengadilan namun Iptu Hendro masih bertugas dan kini bahkan kembali ditangkap oleh BNN atas kasus serupa. Kalau sanksi tidak tegas ,akan terus seperti ini," kata Untung.

Selain menyoroti lemahnya sanksi dari Polri, Untung juga menyayangkan pelimpahan penanganan Iptu Hendro dari Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) ke Polda Jateng. Menurut Untung, BNNP semestinya melakukan penyidikan tuntas hingga kasusnya disidangkan di pengadilan.

"Kalau sejak awal ditangani oleh BNNP maka semestinya disidik hingga tuntas, bukan kemudian dilimpahkan ke pihak kepolisian. Apalagi di sini BNNP juga lembaga yang tepat menangani persoalan narkoba," kata Untung.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved