Breaking News:

Jalur Rel Ganda Alastuwo-Tawang Sepanjang Delapan Km Dioperasikan

ini merupakan kelanjutan switch over proyek rel ganda di jalur Pantura

Tribun Jateng/Wahyu Sulistiyawan
Operator mengoperasikan alat berat untuk meratakan batu bantalan Rel Ganda (Doble Track) di Kaligawe, Kota Semarang, Jateng, Selasa (17/9/2013). Proyek pembangunan rel ganda hingga saat ini masih terkendala pada pembebasan lahan. Pembangunan tersebut diprediksikan selesai pada akhir 2013. 

Laporan Reporter Tribun Jateng, Bakti Buwono

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Jalur rel ganda stasiun Alas Tuwo-Stasiun Tawang sekitar delapan kilometer di wilayah PT KAI Daop IV resmi dioperasikan. Pengoperasian jalur rel ganda itu merupakan yang keempat kalinya dalam tahun ini.

Pengoperasiaan itu dilakukan Direktur Prasarana Perkeretaapiaan, Ditjen Perkeretaapiaan Kementrian perhubungan, Arief Heryanto.

"Ini merupakan kelanjutan switch over proyek rel ganda di jalur Pantura," katanya di ruang rapat VVIP stasiun Tawang, Kamis (5/12/2013).

Ia menyebutkan, sebelumnya jalur rel ganda yang sudah dioperasikan yaitu Alastuwo-Gubuh, Gubug-Ngrombo, dan Tobo-Bojonegoro. Dari total 180 kilometer, sekitar 100-an kilometer sudah dioperasikan. Sisanya, akan dikebut pada Januari 2014.

Arief menyatakan, sisanya yang belum beroperasi masih terkendala masalah pembebasan tanah. Tapi sebagian besar, jalur kereta sudah terpasang. Ia mencontohkan jalur Jambon-Tobo yang sudah terpasang rel tapi belum dioperasikan karena masalah pembebasan lahan.

Ia berujar, ada kendala pembebasan lahan antara stasiun Doplang-stasiun Randublatung sepanjang 750 meter. Selain itu, ada juga kendala yang sama sepanjang di 900 meter antara stasiun Cepu- stasiun Tobo.

"Targetnya Januari sudah beroperasi semua," ujarnya.

Penulis: bakti buwono budiasto
Editor: agung yulianto
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved