Public Service

Hanya Satu Menit Hadi Dapat Informasi Biaya Ukur Tanah

Satu menit kemudian Hadi mendapatkan balasan sms dari nomor 2049 sebagai berikut luas tanah anda 5.000 m2 biaya ukur tanah Rp 600.000.

Penulis: dini | Editor: rustam aji
Hanya Satu Menit Hadi Dapat Informasi Biaya Ukur Tanah
masyarakat cukup kirim sms ke nomor 2409.

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Dini Suciatiningrum.

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANGSejak diluncurkan 1 Februari 2014, tidak banyak masyarakat yang tahu tentang kemudahan layanan tersebut, satu diantaranya, Hadi Siswanto, warga pedurungan ini nampak antri di bagian informasi pertanahan.

Saat mendapatkan informasi dari Tribun, Hadi pun langsung mencoba layanan tersebut dengan mengetik UKUR(spasi)11(spasi)5000, dan mengirim ke 2409.

Satu menit kemudian Hadi mendapatkan balasan sms dari nomor 2049 sebagai berikut luas tanah anda 5.000 m2 biaya ukur tanah Rp 600.000 (pertanian) atau Rp 1.100.000 (non pertanian).

"Wah bagus nih, saya bisa cek kapan saja serta dapat informasi yang cepat, terima kasih ya mbak," ucapnya sambil tersenyum.

Kepala Kantor Pertanahan, Priyono menjelaskan kini masyarakat tidak perlu datang ke kantor untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan seputar pertanahan, masyarakat cukup kirim sms ke nomor 2409.

"Cukup mengirimkan sms ke nomor 2409 dengan mengetikkan kata kunci yang sesuai dengan format yang disediakan, maka informasi yang diinginkan akan segera diperoleh dalam waktu 1 menit," paparnya pada Tribun Jateng, Rabu (19/3/2014).

Kata kunci yang digunakan dalam layanan sms Pertanahan ini, lanjut Priyono, antara lain:
1. Informasi Berkas
ketik BERKAS (spasi)NOMOR BERKAS/TAHUN(spasi)PIN
2.  Informasi Biaya Pengukuran
ketik UKUR(spasi)KODE PROVINSI(spasi)LUAS TANAH,
3. Informasi Biaya Pemberian Hak
Ketik PEMBERIAN(spasi)KODE PROVINSI(spasi)LUAS TANAH
4. Informasi Konversi
KetikKONVERSI(spasi)KODEPROVINSI(spasi)LUAS TANAH
5. Informasi Pengakuan Hak
Ketik PENGAKUAN(spasi)KODE PROVINSI(spasi)LUASTANAH
6. Informasi Biaya Peralihan
Ketik PERALIHAN(spasi)LUAS TANAH(spasi)NILAI TANAH
7. Pengaduan atau keluhan
Ketik PENGADUAN#NAMA#NOMOR TELEPON#ADUAN

"Untuk Provinsi Jawa Tengah silahkan masukkan kode  11, akses ini bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja selama 24 jam "ucapnya.

Layanan ini disajikan dengan biaya yang relatif murah, hanya Rp 350 untuk setiap SMS dan berlaku sama untuk semua jenis penyedia layanan telekomunikasi.

Priyono menjelaskan angka 2409 merepresentasikan tanggal dan bulan lahirnya Undang-Undang Pokok Agraria (UUPA) yakni 24 September 2960.

"Informasi pertanahan "2409" merupakan wujud nyata dari BPN baru dengan semboyan pelayanan pertanahan yang cepat, murah, dan pasti," tandasnya.(dni).

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved