Breaking News:

DPRD KOTA SEMARANG

Basuki Ingin Sekwan Bikin Facebook Aduan ke DPRD Kota Semarang

Basuki Ingin Sekwan Bikin Facebook Aduan ke DPRD Kota Semarang biar mudah diketahui masalah yang terjadi di masyarakat

Penulis: bakti buwono budiasto | Editor: iswidodo
Basuki Ingin Sekwan Bikin Facebook Aduan ke DPRD Kota Semarang
tribunjateng.com
ilustrasi facebook

Laporan Tribun Jateng, Bakti Buwono

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG-  Selama ini sistem pengaduan masyarakat ke anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) ke Kota Semarang masih belum maksimal. Hal itu dikemukakan anggota komisi A, Suko Windu Basuki yang lebih banyak menerima aduan dari lembaga swadaya masyarakat (LSM) atau perkumpulan advokat.

"Kalau masyarakat pribadi sangat jarang, mayoritas LSM," katanya di gedung DPRD Kota Semarang, Selasa (21/10).

Satu-satunya politisi Nasdem itu menyatakan lembaganya perlu ada kanal khusus aduan masyarakat lewat berbagai media. Menurutnya, perlu ada kotak khusus aduan masyarakat di  gedung DPRD kota Semarang.

Basuki mencontohkan beberapa waktu lalu melakukan rapat dengar pendapat. Setelah mendapat surat aduan, pihaknya langsung memanggil instansi terkait untuk konfirmasi.

"Kemarin ada masalah tower di Mlatiharjo, masalah-masalah PKL dan tower di Kokrosono, dan lain sebagainya," tutur Basuki.

Ia menilai sistem pengaduan masyarakat perlu dibuka lebih luas. Misalnya, DPRD Kota Semarang perlu membuat hotline atau facebook khusus aduan. Dengan begitu, masalah yang terjadi di masyarakat bisa langsung diketahui.

Selain itu, ia berharap masyarakat secara jelas mengirim surat. Selama ini banyak juga surat kaleng yang datang ke dewan. Meskipun bisa saja informasi benar, tapi susah dilacak identitas pengirimnya.

Sekretaris DPRD Kota Semarang Fajar Purwoto mengatakan selama ini sudah ada kotak aduan dewan. Awalnya kotak itu dipasang di lobi. Tapi masyarakat lebih suka masuk ke ruang tata usaha (TU) dan lapor langsung.  (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved