Breaking News:

Ini Dia Tanda-tanda Osteoporosis, Penyebab dan Cara Pencegahannya

Ini Dia Tanda-tanda Osteoporosis, Penyebab dan Cara Pencegahannya

tribunjateng/hermawan handaka
Ini Dia Tanda-tanda Osteoporosis, Penyebab dan Cara Pencegahannya 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG- Osteoporosis berbahaya karena gejalanya tidak spesifik atau termasuk silent desease. Cara paling tepat mengakali penyakit ini adalah melakukan pencegahan sejak dini.

Chase Manager RS Elisabeth Semarang, dr Melissa Santoso mengatakan, langkah pencegahan tidak bisa dilakukan secara instan. Harus dimulai sejak muda bahkan anak-anak. "Sebaiknya menabung tulang memang sejak dini," ujarnya.

Secara ilmiah, osteoporosis adalah penyakit rapuh tulang yang ditandai hilangnya kepadatan tulang. Akibatnya, tulang mudah patah serta tidak tahan terhadap benturan ringan.
Penyusutan tulang sangat dipengaruhi hormon estrogen. Karena itulah, kaum wanita memiliki peluang paling besar terkena osteoporosis. Meski demikian, pria juga bisa mengalami penyusutan kepadatan tulang.

Penyakit ini termasuk silent desease karena tidak menunjukkan gejala-gejala spesifik. Gejala umumnya bisa berupa nyeri pada tulang dan otot, terutama tulang punggung. Selain itu, patah tulang, tulang punggung makin membungkuk dan menurunnya tinggi badan.

Biasanya, osteoporosis diderita pemilik umur di atas 65 tahun. Tetapi, bisa pula menyerang lebih awal, yakni mereka berusia muda. Selain faktor genetis, penyebab lain karena gaya hidup tidak sehat seperti kurang berolahraga, minum alkohol, merokok serta tidak memerhatikan kesehatan tulang sebagai misal membawa beban berat dan sikap tubuh yang salah saat duduk.

Pada dasarnya, ada dua jenis osteoporosis yakni primer dan sekunder. Osteoporosis primer dibagi lagi menjadi dua. Pertama, yang menyerang pascamenopause yaitu kondisi saat kadar estrogen menurun. Kedua, osteoporosis senilis yang terjadi karena kekurangan kalsium dan ketidakseimbangan antara kecepatan hancurnya tulang dengan pembentukan tulang baru. Biasanya, menyerang saat usia lanjut.

Sementara itu, osteoporosis sekunder disebabkan keadaan medis lainnya atau obat-obatan. Penyakit muncul karena kondisi gagal ginjal kronis dan kelainan hormonal, pemakaian obat-obatan yang berlebihan, konsumsi alkohol dan kebiasaan merokok.

osteoporosis

Tips mencegah osteoporosis:

1. Memperbanyak asupan makanan yang mengadung vitamin D.
Makanan yang kaya Vitamin D baik untuk kesehatan tulang. Semisal, ikan dan minyak ikan yang mengandung Omega-3 dan vitamin D. Vitamin D ini dapat membantu penyerapan kalsium sehingga tulang tetap kuat. Mengaktifkan vitamin D dalam tubuh tidak sulit, cukup sepuluh menit terkena sinar matahari pagi.

2. Saat tulang terasa nyeri, sebaiknya jangan diabaikan. Osteoporosis karena penurunan massa tulang membuat tulang lebih mudah hancur atau mengalami pengeroposan. Hal ini biasanya membuat tulang terasa nyeri.

3. Jangan melakukan diet yang terlalu ekstrim.
Diet ketat yang cenderung ekstrim memberi risiko besar bagi tubuh kehilangan nutrisi penting, termasuk kalsium.

4. Berolahraga secara teratur.
5. Mengurangi konsumsi kopi, alkohol, minuman bersoda dan garam. (tribunjateng/muslimah)

Penulis: muslimah
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved