Sweet Home

Tips Memilih Sofa Biar Rumah Terasa Nyaman dan Lapang

Tips Memilih Sofa Biar Rumah Terasa Nyaman dan Lapang

Tips Memilih Sofa Biar Rumah Terasa Nyaman dan Lapang
TRIBUNJATENG/HERMAWAN HANDAKA
Tips Memilih Sofa Biar Rumah Terasa Nyaman dan Lapang 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG- Kursi merupakan elemen penting dalam rumah. Selain berfungsi sebagai tempat duduk, kursi juga memengaruhi kenyamanan penghuni. Ini pula yang dirasakan Florida Aline.

Pengusaha properti tersebut tak mau sembarangan memilih kursi sebagai alas duduk. Dia memerhatikan fungsi dukung terhadap suasana di dalam rumah. Itu sebabnya, dia memilih kursi bertema etnik modern sesuai konsep penataan rumah yang ditetapkan.

"Saya memilih kursi kayu berbentuk simple tapi memiliki ukiran dan berwarna cokelat. Jadi, suasana etnik di ruang tamu kami tetap terjaga," ujar wanita yang akrab disapa Flo ini.

Selain menyesuaikan suasana ruang, pilihan pada kursi kayu juga didasari keinginan menghadirkan kesan formal. Hal ini, lagi-lagi, juga untuk mendukung fungsinya sebagai tempat menerima tamu. "Jadi pilihan menggunakan kayu ini juga mengikuti sifatnya karena di ruang tamu untuk menerima tamu jadi perabotnya juga dibuat formal yang ngga terlalu santai," tambahnya.

Berbeda dari ruang tamu, Flo menempatkan satu set sofa berukuran besar di ruang keluarga. "Dipilih sofa karena empuk, nyaman, dan pas untuk relaksasi. Sehingga, keluarga lebih santai saat ngobrol, tidak terkesan kaku lah," kata pemilik rumah di kawasan Semarang Barat, ini.

Hampir sama, Indah Dahlia juga menjatuhkan pilihan pada sofa sebagai tempat alas duduk di rumah. Perabot sofa tersebut diletakkan di ruang tamu maupun ruang keluarga. "Saya pilih sofa karena bentuknya lebih ringkas dan nyaman. Yang tak kalah penting, bisa disesuaikan dengan konsep rumah kami yang minimalis," terangnya.

Untuk bahan, Indah memilih berbahan oscar. Alasannya, selain murah, perawatannya pun sangat mudah. "Pertimbangan saya kan di rumah masih punya anak kecil yang aktif. Sofa bahan oscar itu mudah dirawat, semisal kena tumpahan noda makanan atau minuman, cepat dibersihkan. Bahannya juga nyaman meski terbuat dari kulit sintetis," jelasnya.

Lain Indah, lain pula Cahyo. Pemilik rumah berkonsep alam ini memilih kursi kayu sebagai perabot. Dia menyebut, selain punya gaya klasik, bahan kayu dipercaya lebih awet dan tidak terlalu sulit dirawat.
Dia cukup mengelap menggunakan kain halus untuk membersihkan. Jika ingin lebih mengilap, Cahyo secara berkala memoles menggunakan pelembap atau handbody. "Meski secara harga kursi jati lebih mahal, tapi menurut saya sebanding karena awet. Apalagi, sejak lama, saya suka nuansa yang berbau alam," ungkapnya.

Empat Hal yang Harus Diperhatikan saat Memilih Sofa

Halaman
12
Penulis: galih priatmojo
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved