Breaking News:

Public Service

Darah Menstruasi Tak Berhenti, Bisa Jadi PUA!

Faktor non anatomis bisa juga pembekuan darah, gangguan ovulasi, masalah hormonal, hingga penggunaan KB.

Penulis: rival al manaf | Editor: rustam aji
tribunjateng/hermawan handaka
ILUSTRASI - Satu di antara gejala kista ovarium adalah siklus menstruasi berubah-ubah. 

Pertanyaan :

Salam Tribun! Dok, sudah hampir satu bulan mens saya tidak berhenti. Apa pengaruh KB atau bagaimana? Terimakasih.
Dwi (32), Semarang

Jawaban :

oleh dr Sugono Sp.Og

Pengertian menstruasi normal adalah perdarahan dari rahim yang bersifat periodik disertai dengan pelepasan dinding rongga rahim. Pelepasan itu lah yang menyebabkan perdarahan. Syaratnya memang harus periodik, jadi harus teratur tenggang waktunya biasanya tiga sampai tujuh hari.

Jika lebih dari itu, tidak bisa dikategorikan dengan menstruasi normal, namun kami masukan dalam kategori perdarahan uterus abnormal (PUA). Jadi yang ditanyakan pembaca itu termasuk ke dalam PUA. Ada beberapa faktor yang menyebabkan perdarahan ini, salah satu diantaranya memang bisa pemakaian KB Hormonal.

Secara rinci, penyebabnya bisa kita bagi dua yang pertama disebabkan kelainan anatomis, dan kedua disebabkan karena faktor-faktor lain. Golongan pertama di antaranya disebabkan oleh adanya polip, mungkin ada polip di rongga rahim, dinding rahim. Atau bisa juga karena adanya miom, kalau ada miom, bisa menyebabkan perdarahan terus menerus.

Kanker, baik itu yang terletak di leher rahim, rahim, atau dinding rahim, juga bisa menyebabkan perdarahan yang dimaksud itu beberapa faktor yang disebabkan kelainan anatomis. Faktor non anatomis bisa juga pembekuan darah, gangguan ovulasi, masalah hormonal, hingga penggunaan KB.

Dilihat dari banyaknya faktor tersebut secara garis besar pasien harus periksa. Hal itu untuk melihat benar faktor apa yang menyebabkan perdarahan diluar waktu haid normal tersebut. Hasilnya untuk menentukan langkah apa yang harus dilakukan untuk mengobatinya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved