Mahasiswa Undip Perkenalkan Peta Fishing Ground untuk Nelayan

Mahasiswa Oseanografi Universitas Diponegoro melakukan pelatihan penentuan daerah tangkapan ikan dengan menciptakan peta pedoman fishing ground

Mahasiswa Undip Perkenalkan Peta Fishing Ground untuk Nelayan
istimewa
Mahasiswa bersama dengan dosen pembimbing

Laporan Reporter Tribun Jateng, Rival Almanaf

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Mahasiswa Oseanografi Universitas Diponegoro melakukan pelatihan penentuan daerah tangkapan ikan dengan menciptakan peta pedoman fishing ground, di desa nelayan Mangunharjo Semarang, pada bulan April lalu.

Mereka adalah Inovasita Alifdini, Ratu Almira Kismawardhani, Argo Galih Suhadha, dan Naeli Nulaini yang tergabung dalam tim Program Kreativitas Mahasiswa bidang Pengabdian Kepada Masyarakat (PKMM) yang di danai ristekdikti tahun 2016.

cari <a href='https://jateng.tribunnews.com/tag/ikan' title='ikan'>ikan</a>
Kegiatan melaut yang telah dilakukan (implementasi peta dan alat-alat pendukung).

Pembuatan peta ini dilatarbelakangi oleh pandangan mereka terhadap nelayan yang mengandalkan insting semata untuk menentukan dimana mereka akan mencari ikan. "Jika hanya mengandalkan insting, maka hasil juga tidak menentu, oleh karenna itu kami mengenalkan metode ini," terang ketua tim, Inovasita seperti tertulis dalam press release yang diterima Tribun Jateng, Rabu (8/6/2016).

Gadis yang akrab disapa Sita itu menjelaskan, peta dibuat menggunakan data citra satelit tentang suhu permukaan laut rata2 selama 20 tahun terakhir. "Selain itu, kami juga mengenalkan alat-alat seperti fish finder untuk mencari ikan, agar kelompok nelayan sasaran kami melek teknologi," tambahnya.

peta fishing
Peta Fishing Ground yang telah diciptakan

Setelah pengenalan tersebut, SIta mengklaim hasil tangkapan yang diperoleh dalam 1 perahu bisa mencapai 40 kilogram dalam sekali melaut. Ia berharap melalui pengenalan peta ini dapat mempermudah nelayan untuk menemukan lokasi fishing ground.

"Kedepannya, tim ini akan membuat sebuah buku berupa kumpulan peta fishing ground. Selain itu, agar project ini terus berkelanjutan, tim PKM juga akan memberikan pelatihan kepada anak-anak nelayan mengenai cara membuat peta fishing ground menggunakan citra satelit," pungkasnya. (*)

Penulis: rival al-manaf
Editor: rustam aji
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved