Breaking News:

Arus Balik Lebaran

Inilah Kereta Tambahan PT KAI dari Stasiun Tawang Semarang ke Jakarta

PT KAI Daop IV melakukan berbagai persiapan untuk mengantisipasi lonjakan arus penumpang kereta api di Kota Semarang.

Penulis: rahdyan trijoko pamungkas
Editor: Catur waskito Edy
Tribun Jogja
Ilustrasi 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG -- PT KAI Daop IV melakukan berbagai persiapan untuk mengantisipasi lonjakan arus penumpang kereta api di Kota Semarang.

Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop IV, Gatut Sutiyatmoko, menuturkan, PT KAI mempersiapkan kereta api tambahan terdiri dari tiga kereta api tambahan keberangkatan Stasiun Tawang dan empat kereta api yang melawati Daop IV, Kamis (7/7).

"Tiga kereta api tambahan, yaitu Kereta Api Argo Sindoro Lebaran Semarang Tawang menuju Gambir Pulang Pergi (PP), Kereta Api Argo Muria Lebaran Semarang Tawang menuju Gambir (PP), Kereta api Tawang Jaya Semarang Poncol menuju Pasar Senen (PP)," terangnya.

Ia menyebutkan, empat kereta api tambahan yang melewati wilayah Daop IV adalah KA Sembrani Lebaran Surabaya Pasar Turi menuju Gambir (PP), Kereta api Kertajaya Lebaran Surabaya Pasar Turi menuju Pasar Senen (PP), Kereta Api Lebaran Madiun Pasar Senen (PP).

"Untuk mengurangi kepadatan dan kemacetan jalan raya, maka Direktorat Jenderal (Ditjen) Kereta Api Kementerian Perhubungan bekerja sama dengan KAI untuk menyelenggarakan angkutan motor gratis dengan relasi Tanjung Priok menuju Pasar Turi PP dengan masa arus mudik, 28 Juni-3 Juli dan masa arus balik Minggu (10/7) hingga Sabtu (16/7)," terangnya.

Gatut menuturkan, tiket masa angkutan Lebaran, khususnya untuk Kereta Ekonomi jarak jauh tujuan Pasar Senen Jakarta sudah habis sampai dengan Selasa (12/7). Sedangkan, tiket semua kereta api tujuan Surabaya masih tersedia meskipun sudah sangat menipis.

"Ketersediaan tiket kereta Api tambahan Lebaran Argo Sindoro dan Argo Muria jurusan Gambir masa arus balik masih tersedia," ujarnya.

Sementara itu, Jumat (8/7), Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Edi Sukmoro memeriksa kesiapan arus balik di Stasiun Poncol Kota Semarang.

Menurutnya, pemeriksaan dilakukan untuk memastikan perjalanan kereta api siap dan aman. Evaluasi yang telah dilakukan pada arus mudik tidak mengalami kendala.

"Namun demikian, sisa sepuluh hari ini kita berupaya untuk tetap menjaga semua operasional aman," tuturnya.

Ia menuturkan, puncak arus balik adalah karcis bangku kereta api yang ada habis terjual. Di dalam kereta, satu penumpang satu tempat duduk tidak ada yang berdiri.

"Saya merasa, pelayanan tahun ini lebih baik dari tahun kemarin. Tentu saja, kami mempelajari pengalaman dari tahun-tahun sebelumnya," ujarnya.

Menurut Edi, persiapan yang saat ini diperhatikan adalah keamanan, persiapan untuk ruang tunggu, mushala, dan toilet. Pihaknya berharap semua Daop yang ada mempersiapkan hal tersebut menyambut kedatangan penumpang. (rtp)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved