Destinasi Jateng

Cocok Untuk Pemula, Gunung Andong Jadi Favorit Pendaki. Ada 4 Puncak dan Pemandangan Luar Biasa

Puncak setinggi 1.726 mdpl ini jadi destinasi favorit untuk mengisi waktu senggang dengan kegiatan mendaki

Cocok Untuk Pemula, Gunung Andong Jadi Favorit Pendaki. Ada 4 Puncak dan Pemandangan Luar Biasa
Tribun Jateng/maulana ramadhan
Pemandangan dari atas puncak Gunung Andong 

TRIBUNJATENG.COM - Mendaki gunung kini menjadi hobi yang digandrungi berbagai kalangan. Selain fisik yang prima dan tenaga ekstra, pengalaman merupakan hal yang penting.

Tidak jarang bagi para pendaki yang baru pertama kali mencoba naik gunung mengalami kesulitan karena jalurnya yang terjal dan curam.

Bagi para pemula sebaiknya memilih mendaki gunung yang tidak terlalu sulit medannya. Salah satu gunung yang ramah terhadap pemula adalah Gunung Andong, Magelang Jawa Tengah.

Gunung ini kini menjadi favorit untuk didaki, selain tidak terlalu sulit keindahan yang dimiliki tidak kalah dengan gunung-gunung tinggi lain. Lokasinya berada di perbatasan Ngablak dan Grabag, Magelang sehingga mudah diakses dari kota-kota besar lain seperti Semarang dan Jogjakarta.

Puncak setinggi 1.726 mdpl ini jadi destinasi favorit untuk mengisi waktu senggang dengan kegiatan mendaki.

Untuk mencapai puncak sendiri terdiri beberapa basecamp awal pendakian. Yang paling sering dilalui adalah via basecamp Dusun Sawit, Girirejo, Ngablak, Magelang.

Basecamp ini sering menjadi titik awal pendakian karena lokasinya yang mudah dicari. Letaknya tidak jauh dari Pasar Grabag, dari sana akan ada beberapa rambu yang mengarahkan ke gapura Dusun Sawit.

Sampai di basecamp sawit, pendaki terlebih dahulu melakukan registrasi pendakian. Jangan terkejut bila mendapati basecamp yang penuh dengan kendaraan terparkir. Bila akhir pekan tiba, basecamp pendakian menjadi sangat padat oleh pendaki.

Terdapat dua pos pendakian sebelum menuju puncak gunung. Pos pertama adalah watu gambir dan pos kedua ialah wayang. Gunung andong terbilang unik karena memiliki empat puncak yakni Puncak Makam, Puncak Jiwa, Puncak Andong yang merupakan puncak tertinggi dan Puncak Alap-Alap disebelah utara.

Trek pendakian awal tidaklah terlalu sulit, beberapa jalur sudah berbentuk anak tangga sehingga memudahkan pendakian. Dari basecamp awal hingga pos pendakian satu bisa dicapai dalam waktu 30 menit hingga satu jam, seperti yang dilakukan Brillian Indra (22). Pendaki asal Semarang ini mengakui kalau trek pendakian Gunung Andong mudah didaki.

Halaman
12
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved