Breaking News:

Siswa SMA Tarnus Dibunuh

Pelaku Merasa Terancam, Beli Pisau Dapur di Supermarket

Pelaku Merasa Terancam, Beli Pisau Dapur di Supermarket. News Analysis oleh Hastaning Sakti, Dekan Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro

dok
Pisau Berdarah 

News Analysis oleh Hastaning Sakti, Dekan Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro

Hastaning Sakti
Hastaning Sakti (Istimewa)

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Kasus seperti ini jarang terjadi, apalagi di lingkungan sekolah bersistem pengawasan ketat.

Jika diamati dari hubungan pelaku dan korban, bisa dikatakan mereka sudah saling kenal dalam waktu kurang lebihnya delapan bulan. Hal tersebut dihitung dari lamanya mereka masuk sebagai siswa kelas 10.

Pelaku adalah orang Makassar yang merantau sekolah di Jawa. Ini harus diketahui latarbelakangnya.

Bila dipandang secara positif, latarbelakang pelaku merantau karena ingin mandiri, dan sebagainya.

Namun, dalam pandangan negatif, dimungkinkan ada rasa trauma masa lalu dengan orang-orang di Makassar, termasuk lingkungan keluarga.

Trauma seperti apa? Saya tidak tahu masa lalu pelaku. Kalau ingin jelas, saya harus berbicara dengan pelaku. Ketakutan maupun trauma masa lalu dapat menjadi dasar pelaku melakukan perbuatannya.

Ketika seseorang merasa dalam kondisi penuh tekanan, ancaman, orang itu akan mencari cara untuk mengubah kondisi menjadi nyaman dan aman.

Dalam kasus ini, dikatakan pelaku sakit hati karena ketahuan mencuri oleh korban. Selain itu, ponsel yang digunakan untuk menghubungi keluarga di Makassar malah disita sekolah, saat dipinjam korban. Berdasar dua hal itu, kemungkinan kenyamanan pelaku terusik dua kali oleh ulah korban.

Sedangkan untuk mengembalikan kenyamanan itu, pelaku bisa saja hanya berpikir untuk melenyapkan korban selamanya.

Bisa jadi pengaruh tontonan. Kalau diamati dari alur pembunuhan, sudah direncana. Pelaku sempat beli pisau dapur di supermarket, untuk menusuk korban. (tribunjateng/cetak/dna)

Penulis: Daniel Ari Purnomo
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved