Breaking News:

Selamat, Reformasi Birokrasi Pemprov Jateng Dapat Nilai Terbaik

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memperoleh penilaian terbaik pelaksanaan program reformasi birokrasi. Penilaian diberikan Kemenpan RB.

Penulis: m nur huda | Editor: rika irawati
Tribun Jateng/m nur huda
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo sidak ke Samsat Magelang, 5 Oktober 2016. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Nur Huda

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memperoleh penilaian terbaik pelaksanaan program reformasi birokrasi yang dilakukan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) tahun 2016.

Dari 34 provinsi se-Indonesia, hanya dua yang memperoleh nilai terbaik, yaitu Pemprov Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Pemprov Jateng dan DIY mendapatkan nilai BB. Sementara, 11 pemprov lain mendapat nilai B, 14 pemprov mendapat nilai CC, tujuh pemprov memperoleh nilai C.

"Ini kerja dan kemauan kawan-kawan ASN (Aparatur Sipil Negara) provinsi. Ini bukti, kalau mau ternyata bisa," kata Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Minggu (23/7/2017).

Ganjar mengatakan, terdapat sejumlah perubahan atas adanya reformasi birokrasi. Indikasinya, respon perubahan, layanan mudah, murah, cepat, menjadi triger untuk melayani masyarakat.

"Kita membangun integritas sangat terasa, bisa dilihat dari pengisian LHKPN, lancar dari eselon II sampai IV, sampai staf pun mengisi. Tidak memakai mobil dinas saat mudik, menolak gratifikasi dan parsel, itu sekarang bukan lagi sebagai aturan tapi sudah menjadi tradisi baru," katanya.

Kemudian, jika terjadi kasus operasi tangkap tangan (OTT) oleh penegak hukum di daerah lain, lanjutnya, biasanya langsung didiskusikan oleh para pejabat agar jangan sampai terjadi di Jateng. Budaya malu dan tidak mengecewakan rakyat mulai dikembangkan.

"Beberapa penghargaan juga menjadi bukti bahwa reformasi birokrasi kita diakui lembaga lain. Misalnya, kita dua kali mendapat penghargaan KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi). Ini spirit baru," katanya.

Ganjar mengungkapkan, dari pantauannya di grup Whatsapp pejabat pemprov, mereka sangat gembira. Bahkan, di tahun berikutnya, menargetkan harus mendapat nilai A.

"Motivasinya tinggi dan mereka tahu semua cara mencapainya, dengan fokus pada pelayanan publik, keuangan, akuntabilitas dan lainnya. Mereka paham dan bisa melakukan," katanya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved