Peringati Hari Peduli Sampah, Ratusan Orang Bersihkan Sampah di Pasar Jepara

Dia mengatakan, kegiatan tersebut merupakan aktualisasi langkah kerja bersama dalam menangan sampah

Peringati Hari Peduli Sampah, Ratusan Orang Bersihkan Sampah di Pasar Jepara
Istimewa
Bupati Jepara Ahmad Marzuqi saat mengendarai kendaraan pengangkut sampad dalam kegiata bersih sampah di Pasar Jepara I dan II, Jumat (9/3/2018) 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Rifqi Gozali

TRIBUNJATENG.COM, JEPARA – Ratusan orang dari jajaran Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Jepara beserta masyarakat bahu membahu membersihkan sampah di kawasan Pasar Jepara I dan Pasar Jepara II. Agenda tersebut merupakan bagian dari peringatan hari peduli sampah nasional 2018.

Dalam agenda tersebut, Ahmad Marzuqi Bupati Jepara juga ikut terlibat. Dia mengatakan, kegiatan tersebut merupakan aktualisasi langkah kerja bersama dalam menangan sampah.

“Grebeg sampah di Pasar I dan II Kabupaten Jepara ini sebagai simbol, miniatur, pilot project untuk grebek sampah dimanapun, wilayah yang ada di Kabupaten Jepara. Semoga masyarakat secara individu, pribadi ini bisa mengikuti pada hari ini,” kata Marzuqi.

Grebeg sampah dalam rangkaian peringatan hari peduli sampah ini, Ahmad Marzuqi berpesan kepada warga masyarakat di Kabupaten Jepara agar dapat meningkatkan kesadaran dan kepedulian bersama akan pengelolaan sampah.

“Semangat-semangat membuang sampah di tempat yang telah disediakan ini harus menjadi perhatian, menjadi hal yang harus dipegang erat-erat oleh warga masyarakat di Kabupaten Jepara, lewat contoh dari para pengambil pemungut sampah yang ada diantanya yang ikut apel dipagi hari ini,” ujar dia.

Sementara itu, Kepala DLH Kabupaten Jepara Fatkhurrahman mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari gerakan Tiga Bulan Bersih Sampah (TBBS). Yang mana kegiatan tersebut berlangsung selama tiga bulan sejak 21 Februari 2018 hingga 21 April 2018.

Untuk mencapai tujuan dari gerakan ini, dirinya telah melakukan beberapa kegiatan. Di antaranya sosialisasi di media sosial. Serta  gerakan pungut sampah di beberapa tempat yakni, Desa Telukawur,  pada saat Car Free Day (CFD) Jepara, Desa Tegalsambi, Desa Pekalongan, dan Desa Bucu.

“Kerja bakti pembersihan selokan juga dilakukan di Desa Pekalongan, sosialisasi pengolahan sampah di Desa Batealit dan Desa Bucu, dan eco-brick goes to school di MI Iqbal Tulakan,” katanya. (*)

Penulis: Rifqi Gozali
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved