Breaking News:

Tegal Berkah

Terminal Bus Kota Tegal Harusnya Dikelola Pusat, Ini Solusi Pemerintah Kota Tegal

erminal Bus Kota Tegal membutuhkan pemiliharaan sarana prasarana, akan tetapi berdasarkan peraturan per 2017

bare kingkin kinamu
Achmad Rofai 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Bare Kingkin Kinamu

TRIBUNJATENG.COM, TEGAL - Terminal Bus Kota Tegal membutuhkan pemiliharaan sarana prasarana, akan tetapi berdasarkan peraturan bahwa Terminal Bus Kota Tegal dialih fungsikan kepada Pemerintah Pusat.

"Terminal kota Tegal ini merupakan terminal tipe A. Harusnya memang dikelola oleh Pusat, namun selama ini pengelolaan ada di Pemerinta Kota Tegal," tutur Herviyanto Gunarso Wisnu Purbo, Kepala Dinas Perhubungan Kota Tegal, saat bertemu Pjs Wali Kota Tegal Achmad Rofai.

Herviyanto, Kepala Dinas Perhubungan Kota Tegal, menyampaikan jika pada masa pemerintahan Siti Mashita terminal ini diajukan untuk penurunan tipe, namun ditolak.

"Harusnya di akhir 2017 terminal tipe A ini diserahkan ke Pemerintah Pusat namun sampai saat itu belum juga diserahkan," tutur Herviyanto, Kepala Dinas Perhubungan Kota Tegal.

Jika berdasarkan aturan, Terminal Bus Kota Tegal sebenarnya harus sudah diserahkan ke Pemerintah Pusat pada 2016 dan batas akhir diserahkan Desember 2017.

"Jika Terminal Kota Tegal ini merupakan terminal tipe kelas A, maka kewenangan ada di Pemerintah Pusat. Pemkot harus mengkomunikasikan dengan Pemerintah Pusat, termasuk didalamnya bagi hasil pengelolaan terminal tersebut, dalam hal untuk kontribusi untuk Pemkot Tegal," jelas Achmad Rofai.

Pemerintah Kota Tegal tidak menganggarkan pemeliharaan dan perawatan terminal bus kota Tegal tipe A, maka terlihat kesan terminal Kota Tegal kurang bagus. 

"Segera komunikasikan hal ini dengan pemerintah pusat, sehingga hal ini secara konkrit bisa teratasi," tutur Achmad Rofai pada Herviyanto Kepala Dinas Perhubungan Kota Tegal, Jumat (9/3/2018).

Pemerintah Kota Tegal setiap Jumat rutin telah mengadakan monitoring wajah kota dengan bersepeda. Kali ini monitoring khusus menyoroti langsung Terminal Bus Kota Tegal Tipe A. (*)

Penulis: Bare Kingkin Kinamu
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved