Breaking News:

Jika Anda Tidak Cemburu kepada Pasangan, Berarti Ada Tiga Kemungkinan Ini

Wajar kah Jika Tak Ada Rasa Cemburu kepada Pasangannya? Cemburu merupakan respon yang diberikan ketika

Penulis: Jen | Editor: iswidodo
net
ilustrasi cemburu 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Wilujeng Puspita Dewi

TRIBUNJATENG.COM- Cemburu merupakan respon yang diberikan ketika seseorang mengalami sakit hati.

Namun sifat dasar tersebut justru dapat merusak perilaku manusia bila diluapkan berlebihan.

Psikolog kota Semarang, Anastasia Sari Dewi S Psi, M Psi menuturkan bahwa sebenarnya cemburu terhadap pasangan merupakan respon alami dan wajar.

Psikolog Kota Semarang, Anastasia Sari Dewi, S Psi, M Psi dan Psikolog di Yayasan BPK Penabur Jakarta.
Psikolog Kota Semarang, Anastasia Sari Dewi, S Psi, M Psi dan Psikolog di Yayasan BPK Penabur Jakarta. (tribunjateng/wilujeng)

"Makhluk hidup termasuk manusia memiliki insting alami untuk bertahan, jadi saat merasa terancam karena pasangannya berpaling atau tergoda orang lain, maka muncul perasaan cemburu dan sikap protektif," tutur Anastasia kepada Tribunjateng.com, Senin (19/3/2018).

Bagi Anastasia, selama kecemburuan tersebut berada dalam batas wajar dalam arti tidak menyakiti orang lain baik secara psikis maupun fisik, maka sah-sah saja hal tersebut dialami oleh seseorang.

Justru apabila seseorang tidak memiliki rasa cemburu terhadap pasangannya, maka terdapat 3 kemungkinan besar yang bisa terjadi.

Pertama, orang tersebut sangat percaya dengan kesetiaan pasangannya
Kedua, orang tersebut kurang memiliki kepedulian atau afeksi lemah terhadap pasangannya.

"Ketiga yang bisa menjurus kontrol gangguan psikologis adalah orang tersebut mencintai dirinya sendiri secara berlebihan sehingga over confidence dan sama sekali merasa bahwa tidak ada orang lain yang mampu menandingi atau memikat hati pasangannya," ungkap Anastasia.

Psikolog lulusan Universitas Katolik Soegijapranata Semarang Jawa Tengah tersebut menggarisbawahi bahwa selama masih wajar dan tidak menyakiti baik psikis dan fisik pasangan serta orang lain maka cemburu masih dinilai sah.

"Selesaikanlah cemburu dengan komunikasi yang terbuka dan hangat agar pasangan dapat saling mengenal satu sama lain jauh lebih dalam," pesannya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved