Persiapan MXGP World Championship 2018 di Kota Semarang Baru Capai 10 Persen

Kota Semarang bakal menjadi tuan rumah dalam ajang MXGP World Championship 2018 yang akan digelar pada 7-8 Juli mendatang.

Persiapan MXGP World Championship 2018 di Kota Semarang Baru Capai 10 Persen
ISTIMEWA
Pekerja menggunakan alat berat untuk membuat sirkuit Motocross di kawasan BSB, Mijen, Kota Semarang. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Zainal Arifin

TRUBUNJATENG.COM, SEMARANG - Kota Semarang bakal menjadi tuan rumah dalam ajang MXGP World Championship 2018 yang akan digelar pada 7-8 Juli mendatang.

Saat ini penyelenggara sedang mempersiapkan sirkuit kompetisi yang akan diikuti 12 tim Motocross kelas dunia itu.

Perwakilan PP Ikatan Motor Indonesia (IMI), Judiarto mengatakan, persiapan saat ini baru mencapai 10 persen. Yaitu pembuatan sirkuit Motocross di kawasan Bukit Semarang Baru (BSB), Kota Semarang. Saat ini, pekerjaan baru dilakukan pemotongan pohon di atas lahan seluas 30 hektar.

"Pengerjaan sirkuit ini akan kami kebut dengan target pada Mei mendatang sudah selesai. Pemotongan pohon sendiri akan selesai pada akhir Maret ini," kata Judiarto usai melakukan audiensi dengan Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, di ruang VIP Wali Kota Semarang, Selasa (20/3/2018).

Setelah pemotongan pohon selesai, pengerjaan desain sirkuit akan dikerjakan oleh tim dari Eropa. Rencananya tim desain sirkuit tersebut akan datang ke Semarang pada akhir Maret ini juga.

Judiarto menuturkan, selain persiapan sirkuit, sebagai penyelenggara, pihaknya juga telah menyiapkan kebutuhan penginapan bagi para peserta yang diprediksi mencapai ribuan orang dari 12 tim Motocross.

Menurut Judiarto, 12 tim Motocross kelas dunia telah menyatakan siap untuk mengikuti ajang MXGP yang merupakan event balap motocross paling elit di dunia di bawah Federasi Internasional Motorcycling Federation atau organisasi internasional di bidang balap sepeda motor.

"Setiap tim nantinya akan menerjunkan 4-5 pembalap yang akan berlaga dalam dua kelas yakni MX 1 dan MX 2," paparnya.

Tidak main-main, katanya, setiap pembalap yang ikut serta dalam kejuaraan ini merupakan crosser top dunia. Di antaranya dari KTM Antonio Cairoli yang musim lalu menjadi runner up di klasemen akhir.

Penulis: m zaenal arifin
Editor: galih permadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved