BLU Trans Semarang Tempatkan Halte Portable di Ujung Lintasan Drop Off Bandara

Badan Layanan Umum (BLU) Trans Semarang bakal menambah rute Bus Rapid Transit (BRT) Trans Semarang agar bisa melalui area Bandara Ahmad Yani Semarang.

BLU Trans Semarang Tempatkan Halte Portable di Ujung Lintasan Drop Off Bandara
tribunjateng/nal/dok
Plt Kepala BLU BRT Trans Semarang, Ade Bhakti mengklaim BRT Trans Semarang sejauh ini cukup menjadi solusi kemacetan di Kota Semarang. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Zainal Arifin

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Badan Layanan Umum (BLU) Trans Semarang bakal menambah rute Bus Rapid Transit (BRT) Trans Semarang agar bisa melalui area Bandara Ahmad Yani Semarang.

Rencana penambahan tersebut saat ini sudah tahap akhir yaitu penempatan halte atau shelter.

Plt Kepala BLU Trans Semarang, Ade Bhakti Ariawan mengatakan, sebenarnya selama ini sudah ada BRT Trans Semarang yang melalui area bandara dan diakses penumpang yaitu koridor IV. Hanya saja, pihaknya masih banyak menerima komplain terkait keterlambatan armada utama koridor IV.

Keterlambatan tersebut dikarenakan kepadatan di seputaran Kalibanteng dan exit Bandara Ahmad Yani. Karena itu, Ade akan rute koridor V BRT Trans Semarang agar bisa diakses para penumpang dari area bandara.

"Nantinya kan juga ada bandara baru sehingga diharapkan di bandara yang baru ini yang nantinya dilayani oleh koridor V dan bisa memudahkan pengguna jasa di bandara. Karena akses masuk bandara tidak lagi lewat bundaran Kalibanteng," katanya, Kamis (10/5/2018).

Ade menyebutkan, pihaknya masih melakukan koordinasi dengan pengelola Bandara baru Ahmad Yani. Saat ini sudah ditetapkan titik untuk meletakkan halte portable sementara untuk koridor V yaitu di ujung lintasan drop off karena lintasan pick up kemungkinan belum bisa dilewati Trans Semarang pada 2 Juni nanti.

"Penambahan rute koridor V ini sudah kami rencanakan mulai tahun lalu untuk masuk ke bandara baru, tinggal kami perpanjang saja rutenya," ujarnya.

Penambahan dengan memperpanjang rute yang dimaksud yaitu rute koridor V yang awalnya hanya dari Meteseh ke Pusat Rekreasi dan Promosi Pembangunan (PRPP), kemudian akan dilanjut memasuki Bandara Ahmad Yani yang baru di sekitar Puri Anjasmoro Semarang.

"Trans Semarang sekarang sudah hampir menjangkau seluruh wilayah di kota Semarang. Ini yang namanya integrasi antarmoda, menghubungkan transportasi udara (pesawat) dengan transportrasi darat (bus)," jelasnya. (*)

Penulis: m zaenal arifin
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved