Pemkot Semarang Akan Siagakan Pompa dan Petugas Antisipasi Banjir Rob Saat Arus Mudik

Banjir rob yang merendam kawasan Genuk dan Terboyo Kota Semarang menjadi perhatian serius Pemkot Semarang

Pemkot Semarang Akan Siagakan Pompa dan Petugas Antisipasi Banjir Rob Saat Arus Mudik
TRIBUN JATENG/AKHTUR GUMILANG
Suasana terkini di jalan raya kaligawe, senin (12/3/2018) pukul 09.30 WIB. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Zainal Arifin

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Banjir rob yang merendam kawasan Genuk dan Terboyo Kota Semarang menjadi perhatian serius Pemkot Semarang khususnya menjelang arus mudik Lebaran mendatang.

Pemkot mengantisipasi agar ruas jalan Semarang-Demak yang merupakan jalan utama tidak terendam banjir rob yang berakibat terjadinya kemacetan lalu lintas.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan, kondisi jalan Semarang-Demak di Genuk dan Terboyo yang terendam banjir rob dalam dua hari terakhir menjadi persoalan serius yang harus diperhatikan.

"Dua hari lalu memang Kaligawe dan Genuk terendam rob setinggi 1,5 meter. Itu karena rob dan banjir akibat adanya tanggul yang jebol. Namun hal itu tetap menjadi perhatian kami menjelang mudik lebaran tahun ini," kata Hendi, sapaan Hendrar Prihadi, di Balai Kota Semarang, Jumat (25/5/2018).

Untuk mengantisipasi kejadian terulang saat arus mudik Lebaran, pihaknya akan mengaktifkan semua pompa yang dimiliki saat air laut pasang.

Selain itu, sejumlah petugas pompa juga akan disiagakan setiap hari.

"Nanti kami siagakan 24 jam dengan sistem bergilir supaya yang merayakan lebaran tidak lupa ada jadwal piket. Semua saya minta supaya tetap waspada antisipasi rob di Kota Semarang ini. Kami berharap mudah-mudahan mudik lebaran nanti bisa berjalan lancar," paparnya.

Disinggung terkait penanganan rob dan banjir di Kota Semarang, Hendi menegaskan jika sejumlah pekerjaan saat ini masih dalam proses.

Beberapa proyek di antaranya normalisasi Sungai Banjir Kanal Timur (BKT), Sringin, Babon dan sungai lain di wilayah Timur Kota Semarang sedang dikebut.

"Persoalan rob banjir menurut progres yang ada semua berjalan baik dan lancar. Semua masih dalam on progres dan kami harap dapat mengatasi persoalan-persoalan rob dan banjir di Kota Semarang," ujarnya.

Penulis: m zaenal arifin
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved