Breaking News:

Mudik Lebaran

Panglima TNI dan Kapolri Pantau Arus Mudik Jalur Trans Jawa

Untuk memastikan mudik lebaran 2018 aman dan nyaman, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian,

TRIBUNJATENG/YAYAN/ist
Untuk memastikan mudik lebaran 2018 aman dan nyaman, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, serta sejumlah pejabat, memantau secara langsung jalur mudik trans Jawa, ‎hingga tol Ngawi, Jawa Timur (10/6). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Yayan Isro' Roziki

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Untuk memastikan mudik lebaran 2018 aman dan nyaman, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, serta sejumlah pejabat, memantau secara langsung jalur mudik trans Jawa, ‎hingga tol Ngawi, Jawa Timur (10/6).

Pantauan dimulai dari jalur tol Cikopo, pada sekitar pukul 10.30.

Selanjutnya, dengan menggunakan tiga helikopter, rombongan memantau jalur mudik v‎ia udara ke wilayah Jateng.

Rombongan juga menyempatkan mendarat di Stadion Karang Birahi, Brebes, untuk memantau lebih dekat jalur mudik.

Peninjauan dilanjutkan ke Rest Area Petarukan melalui GT Brexit untuk melihat fasilitas pendukung seperti Pom bensin, musholla dan toilet.

Usai melihat dan menyapa para pemudik di GT Kertasari, Kabupaten Tegal, Panglima TNI dan Kapolri menerima paparan Kapolda Jateng, Irjen Pol Condro Kirono, yang didampingi Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Wuryanto.

Selanjutnya rombongan juga melaksanakan live streaming/viccon dengan Pos Kalikuto Batang, untuk mengetahui perkembangan situasi arus mudik di perbatasan Kabupaten Batang - Kabupaten Kendal itu.

Dalam kesempatan itu, Kapolri memberikan penekanan agar di titik seperti di Kalikuto, Krincing, Kertasari dan Cikopo yang ada posko bersama yakni Polri, TNI, Basarnas, Pertamina, dan tim kesehatan, agar memperhatikan kesiapan ketersediaan makanan, dan juga fasilitas umum yang layak, utamanya toilet.

"Yang ingin kita soroti adalah kemungkinan kerawanan di wilayah Cikopo, Krincing, Kertasari dan Kali Kuto. Saran kepada Bu Menkes agar di titik pelayanan kesehatan rawan tersebut ditempatkan juga fasilitas mini ICU, untuk mengantisipasi kemungkinan yang terjadi sehingga bisa kita arahkan pemudik untuk kita bantu kesehatan nya di posko tersebut," kata Panglima TNI, dalam rilis yang diterima Tribun Jateng.

Sedangkan terkait digelarnya rest area di sepanjang jalan mudik khususnya di pangkalan TNI, juga perlu disediakan logistik berupa air minum dan kebutuhan lain. "Sehingga pemudik bisa melanjutkan perjalanan dengan aman dan nyaman," tandas Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Dalam pantauan itu, hadir juga Menko PMK Puan Maharani, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Menteri Kesehatan Nila F Moeloek.‎ Selanjutnya Panglima TNI dan rombongan melanjutkan pemantauan arus mudik melalui udara menuju wilayah Jawa Timur.‎ (*)

Penulis: yayan isro roziki
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved