HUT Kemerdekaan RI

SMK Harapan Mulya Kibarkan Bendera Raksasa 600 Meter Persegi

SMK Harapan Mulya Kibarkan Bendera Raksasa 600 Meter Persegi di sekolah tersebut di Kendal, 17 Agustus

SMK Harapan Mulya Kibarkan Bendera Raksasa 600 Meter Persegi
tribunjateng/dhian adi putranto
SMK Harapan Mulya Kibarkan Bendera Raksasa 600 Meter Persegi di sekolah tersebut di Kendal, 17 Agustus 

Laporan wartawan Tribun Jateng, Dhian Adi Putranto

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - SMK Harapan Mulya di Kabupaten Kendal mempunyai cara sendiri dalam merayakan HUT Kemerdekaan RI. Saat Upacara Hari Kemerdekaan Ke 73 Indonesia yakni pada Jumat (17/8) , siswa-siswi SMK itu mengibarkan bendera merah putih berukuran raksasa.

Bentang panjang lebar bendera merah putih itu 100 meter dan 6 meter.

Bendera itu tidak dikibarkan pada tiang namun dibentangkan mengelilingi gedung sekolah tersebut.

Bahkan dalam proses pengibaran bendera itu, sebanyak 1.250 siswa SMK harus memegangi bendera supaya tidak jatuh ke tanah. Meski dalam posisi sedang upacara mereka memegangi bendera itu hingga bendera tersebut berhasil terkerek ke atas dan tidak menyentuh tanah.

Seorang Siswi SMK Harapan Mulya, Andini Rasmawati mengatakan dirinya dan seluruh siswa jurusan tata busana bekerja sama untuk membuat bendera berkurang 600 meter persegi itu.

"Dalam membuat bendera membutuhkan waktu selama dua minggu, meski capek tapi seneng" terangnya

Ia bahkan merasa bangga, pasalnya bendera buatan ia dan teman-temannya itu menjadi bagian dari perayaan hari kemerdekaan di sekolahnya, terlebih bendera raksasa itu membuat tampilan sekolahnya menjadi terlihat cantik.

"Dalam membuatannya kami harus menyatukan pikiran dan harus solid, jika tidak maka tidak akan jadi seperti ini," ungkapnya

Sementara Wakil Kepala SMK Harapan Mulya, Zaenal Mustofa menjelaskan aksi membuat dan membentanghkan bendera raksasa ini bermula dari cetusan dari seorang siswa jurusan Tata busana. Ide itu kemudian disampaikan oleh para guru dan diapresiasi sehingga mendapat dukungan dari pihak sekolah.

"Bendera ini juga menjadi lambang dari persatuan dan kesatuan seluruh Indonesia yang harus tetap dijaga terutama untuk pada generasi muda," jelasnya

Ia menjelaskan ide tersebut kemudian dieksekusi oleh siswa jurusan Tata busana. Bahkan dalam pembuatan bendera raksasa itu, siswa yang dilibatkan mencapai 36 Siswa.

"Semoga kedepannya para siswa termotivasi terus berkarya dan berprestasi untuk mengisi kemerdekaan Indonesia," pungkasnya. (*)

Penulis: Dhian Adi Putranto
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved