Musim Kemarau

BMKG: Ini Data Lengkap Kemarau Panjang Melanda Daerah-daerah di Jawa Tengah

BMKG: Ini Data Lengkap Kemarau Panjang Melanda Daerah-daerah di Jawa Tengah. Ratusan hari tidak hujan

BMKG: Ini Data Lengkap Kemarau Panjang Melanda Daerah-daerah di Jawa Tengah
tribunjateng/dok
ilustrasi musim kemarau sulit air bersih 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Semarang merilis kekeringan ekstrem berpotensi terjadi di 19 kabupaten kota Provinsi Jawa Tengah. Hal tersebut berdasar data terakhir peringatan kekeringan Jawa Tengah tanggal 10 Agustus 2018.

Sejumlah daerah itu meliputi Banyumas, Brebes, Demak, Grobogan, Jepara, Karanganyar, Kebumen, Kendal, Klaten. Selanjutnya adalah Kudus, Pemalang, Pati, Rembang, Sragen, Sukoharjo, Tegal, Temanggung, Wonogiri, dan Wonosobo. Daerah itu tidak hujan berturut-turut 60 hari lebih.

Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Klimatologi Semarang, Iis Widya Harmoko menuturkan kemarau kali ini lebih panjang, sekitar satu hingga tiga dasarian atau 10-30 hari.

Dia menambahkan ada tiga daerah ranking teratas tak pernah turun hujan. Beberapa di antaranya Kabupaten Jepara (Bangsri) selama 123 hari, Kabupaten Wonogiri (Baturetno) 112 hari dan Kabupaten Wonogiri (Pracimantoro dan Giritontro) 108 hari.

"Kalau biasanya sekitar September, Oktober, November, bisa jadi Oktober, November, Desember. Bisa dibilang musim kemarau lebih panjang. Karena di akhir tahun ini ada el Nino lemah," ujarnya, Senin (20/8).

Iis mengimbau warga Jateng tetap hemat air dan tidak asal membuang puntung rokok atau membakar sampah. Hal tersebut menyebabkan kebakaran hutan maupun lahan kosong. (*)

Penulis: Daniel Ari Purnomo
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved