Gempa Lombok

BPBD Kudus Berangkatkan 9 Relawan dan Bantuan Logistik ke Lombok

BPBD Kudus memberangkatkan sembilan relawan ke Lombok, Nusa Tenggara Barat

BPBD Kudus Berangkatkan 9 Relawan dan Bantuan Logistik ke Lombok
Tribun Jateng/Rifqi Gozali
Pelepasan sembilan relawan BPBD Kudus dan penyaluran bantuan bagi korban bencana gempa bumi di Lombok, Senin (20/8/2018).  

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Rifqi Gozali

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kudus memberangkatkan sembilan relawan ke Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Selain relawan sejumlah bantuan yang terkumpul dari elemen masyarakat Kudus ikut serta dibawa oleh rombongan relawan.

Pelepasan relawan yang berangkat ke Lombok dilepas langsung oleh Pelaksana Harian Bupati Kudus Sam'ani Intakoris di depan Pendopo Kudus, Senin (20/8/2018).

Dalam sambutannya Sam'ani berpesan agar relawan yang bertugas di Lombok menjaga diri. Sebab, beberapa kali gempa susulan melanda Lombok. Jika relawan tidak bisa menjaga diri maka tugas kemanusiaan yang bakalbdirmban tak akan terlaksana secara maksimal.

"Saya harapkan relawan agar koordinasi dengan BNPB yang ada di Lombok. Agar tidak salah penanganan," kata Sam'ani.

Sementara Kepala BPBD Kudus Bergas Catursari Penanggungan mengatakan, sembilan relawan yang berangkat telah memiliki keahlian. Di antara mereka juga telah dibekali keahlian pemulihan trauma atau trauma healing.

"Dua di antara relawan sudah memiliki bekal trauma healing. Ada tiga relawan yang memilikiIbekal pertukangan," kata Bergas.

Rencananya, para relawan itu akan bertugas selama 10 hari di Lombok. Diharapkan, mereka bisa bertugas maksimal dalam membantu korban bencana gempa bumi.

"Selain menyalurkan bantuan, para relawan juga kami harapkan bisa mengajar anak-anak korban bencana. Mengembalikan keceriaan warga Lombok yang dirundung bencana," kata dia.

Sedangkan jumlah bantuan yang disalurkan, lanjut Bergas, berupa uang tunai senilai Rp 69 juta, bahan makanan, pakaian layak, peralatan pertukangan, dan bahan bacaan berupa buku.

"Semua bantuan itu kami kumpulkan selama 10 hari. Kami kumpulkan dari berbagai elemen masyarakat dan juga ASN," katanya.(*)

Penulis: Rifqi Gozali
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved