Calon TKI Keluhkan Layanan Rekam Medis di RSUD dr Soewondo Kendal

Banyak warga Kendal merantau menjadi TKI di luar negeri atau kini istilahnya pekerja migran Indonesia (PMI)

Calon TKI Keluhkan Layanan Rekam Medis di RSUD dr Soewondo Kendal
TRIBUNJATENG/ist
Antrean di RSUD dr Soewondo Kendal 

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Banyak warga Kendal merantau menjadi TKI di luar negeri atau kini istilahnya pekerja migran Indonesia (PMI)

Penghasilan dari menjadi pekerja migran di luar negeri, dirasa lebih besar dan bisa diandalkan mendongkrak ekonomi keluarga.

Satu di antaranya adalah Nur Hikmah, gadis belia berusia menjelang 20 tahun warga Kecamatan Weleri. Diakui, ia tertarik menjadi pekerja migran setelah mendengar cerita dari lingkaran pergaulannya, yang sukses menopang perekonomian keluarga dari mengais rezeki di luar negeri.

"‎Banyak tetangga dan teman, yang telah berangkat jadi TKI ke luar negeri. Perekonomian keluarga mereka jadi lebih mapan," ujar gadis berkerudung itu, kepada Tribun Jateng.‎

Akan tetapi, keinginan Nur untuk segera mengais rezeki di luar negeri untuk pertama kalinya terancam tersendat. Hasil rekam medis dari RSUD dr. H. Soewondo Kendal, menyebutkan bahwa ia unfit, sehingga belum layak diberangkatkan ke luar negeri.

"Katanya ada bronkitis, itu yang menyebabkan unfit," tuturnya.‎

Padahal, tak sampai seminggu sebelumnya, ia telah melakukan rekam medis di sebuah sarana kesehatan (sarkes) swasta di Kendal. Hasilnya, ia dinyatakan fit dan cukup layak untuk bekerja di luar negeri.

Sarkes swasta itu, tak bisa disebut sembarangan. Sebab, telah melayani rekam medis untuk calon pekerja migran, selama bertahun-tahun belakangan. Selain itu, merupakan sarkes resmi yang telah ditunjuk oleh BNP2TKI.

"Saya jadi bingung dan gamang, dengan hasil tes ini," ujarnya.

Yang lebih membuatnya kebingungan adalah persoalan biaya. Disampaikan, untuk melakukan rekam medis di RSUD dr. H Soewondo sebesar Rp770.000 kemarin saja, ia harus mencari pinjaman ke sanak-saudara.

Halaman
123
Penulis: yayan isro roziki
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved