Breaking News:

Musibah Kebakaran

Jalur Menuju Puncak Gunung Ini Steril dari Pendaki

Jalur pendakian menuju puncak Gunung Lawu via Cemoro Kandang, Karanganyar, steril dari pendaki, Senin (8/10)

Editor: iswidodo
KOMPAS.COM/ M Wismabrata
Jalur pendakian menuju puncak Gunung Lawu via Cemoro Kandang, Karanganyar, steril dari pendaki, Senin (8/10), menyusul terbakarnya hutan di gunung tersebut, Minggu (7/10 pagi.. 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Jalur pendakian menuju puncak Gunung Lawu via Cemoro Kandang, Karanganyar, steril dari pendaki, Senin (8/10), menyusul terbakarnya hutan di gunung tersebut, Minggu (7/10 pagi..

Menurut anggota Anak Gunung Lawu (AGL) di pos Cemoro Kandang, Budi, calon pendaki sementara ini tidak diizinkan naik menuju puncak Lawu.. “Pendaki melalui Cemoro Kandangsudah clear. Pendaki terakhir juga sudah turun dari puncak,” ucap Budi.

Menurut Budi, empat pendaki terakhir dilaporkan tiba di pos Cemoro Kandang sekitar pukul 00.00 dalam keadaan selamat.

“Pendaki hanya kelelahan, kita handle juga karena usai mereka sudah sepuh,” terang Budi.

Sebelumnya, titik api dilaporkan terlihat di sekitar pos 4 jalur Cemoro Kandang, namun tidak di jalur utama pendakian. Api dilaporkan padam pada malam harinya.

Meski sampai kemarin sore tanda-tanda kebakaran tidak terlihat, Budi mengatakan bara api kemungkinan masih bisa muncul akibat tiupan angin.

Ini bukan kali pertama kebakaran melanda gunung Lawu selama 2018.

Pada awal September 2018 lalu, kebakaran pernah melanda bukit Mongkrang, Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu,Karanganyar, yang merupakan deretan pegunungan Lawu. Meski sempat padam, tiupan angin membuat titik api kembali muncul dan memabakar pepohonan di sana.

Para pendaki tersebut sebelumnya dievakuasi tim gabungan bersama relawan setelah titik api terlihat di sekitar pos 4 Cemoro Kandang. Titik api terlihat pada Minggu (7/10) pagi.

Mengetahui hal itu, tim gabungan SAR, BPBD, Polsek Tawangmangu, Satpol PP, Perhutani dan sejumlah relawan langsung bergerak memadamkannya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved