Pemkab Pekalongan Kebut Pembangunan Jembatan Kaligenteng, Awal Tahun Harus Bisa Digunakan

Jembatan Kaligenteng yang terletak di Kecamatan Kandangserang, Kabupaten Pekalongan, ditargetkan selesai diperbaiki awal 2019.

Pemkab Pekalongan Kebut Pembangunan Jembatan Kaligenteng, Awal Tahun Harus Bisa Digunakan
Istimewa
Sejumlah pekerja tengah melakukan perbaikan akses jalan menuju Jembatan Kaligenteng di Kabupaten Pekalongan 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Budi Susanto

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - Jembatan Kaligenteng yang terletak di Kecamatan Kandangserang, Kabupaten Pekalongan, ditargetkan selesai diperbaiki awal 2019.

Diketahui, jembatan tersebut merupakan jembatan satu-satunya penghubung antardesa yang ada di Kecamatan Kandangserang.

Dengan dana mencapai Rp 5,1 miliar, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU-PR) Kabupaten Pekalongan terus melakukan pembangunan.

Jembatan lama sudah tidak dapat digunakan, karena kondisinya yang rusak parah dan ambruk akibat pondasi jembatan digerus aliran sungai.

Kepala DPU-PR Kabupaten Pekalongan Wahyu Kuncoro kepada Tribunjateng.com, mengungkapkan, pihaknya terus kebut pekerjaan pembangunan jembatan.

"Saat para pekerja masih melakukan pengecoran dan pembuatan senderan jembatan, jalur menuju jembatan untuk sementara kami tutup,” katanya, Rabu (26/12/2018).

Dijelaskan Wahyu, setelah pengecoran selesai, dalam beberapa hari ke depan sudah bisa dilalui kendaraan roda dua. Namun, untuk kendaraan berat harus sedikit bersabar.

“Tapi kami pastikan awal tahun jembatan sudah selesai dan dapat digunakan masyarakat,” tambahnya.

Total alokasi dana untuk pembangunan Jembatan Kaligenteng mencapai Rp 5,1 miliar dari total lelang sebesar Rp 6 miliar.

“Proyek jembatan di Kabupaten Pekalongan ada dua, selain Jembatan Kaligenteng ada Jembatan Mrican yang ada di Kecamatan Sragi, kini sudah memasuki proses finishing,” tuturnya.

Terkait penyelesaian pengerjaan pembangunan di tahun 2018, ada beberapa daerah yang memiliki tingkat kesulitan dan membutuhkan tenaga lebih dari dari para pekerja.

"Ada beberapa daerah yang memiliki tingkat kesulitan lebih dari daerah lain, karena medannya di pegunungan, seperti pengaspalan di Kecamatan Petungkriyono dan di Jembatan Kaligenteng. Akses untuk alat berat sedikit terkendala karean medannya lumayan sulit,” imbuhnya.

Pihaknya memproyeksikan, tahun depan akan memperbaiki akses jalan dari Kecamatan Petungkriyono menuju Kabupaten Banjarnegara.

“Rancananya tahun depan perbaikan akses dari Kecamatan Petungkriyono tepatnya di Desa Gumelem akan diperbaiki hingga perbatasan Kabupaten Banjarnegara. Hal tersebut dilakukan Pemkab untuk mensejahterakan masyarakat melalui perbaikan akses jalan yang ada di Kabupaten Pekalongan,” ujarnya.(*)

Penulis: budi susanto
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved